Tanam Pohon
Babinsa Candikuning Hadiri Penanaman Spesies Pohon Terbanyak di Kebun Raya Eka Karya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Babinsa Desa Candikuning Ramil 1619-07/Baturiti, Serma I Made Budarta, mewakili Danramil 1619-07/Baturiti menghadiri acara penanaman pohon spesies terbanyak secara serentak di seluruh kebun raya di wilayah NKRI, di Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan yang juga dilaksanakan secara virtual dari Kebun Raya Bogor itu, bertepatan dengan acara HUT ke-205 Kebun Raya Bogor. Dihadiri Camat Baturiti Sayu Made Parwati, Kapolsek Baturiti Kompol Ida Bagus Putu Mertayasa, Danramil Baturiti diwakili Babinsa Candikuning, Manager Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Tito Tri Putra, Perbekel Candikuning yang diwakili Sekdes I Nyoman Mudita, Komunitas Pecinta Alam Kabupaten Tabanan, dan staf Kebun Raya Eka Karya, Bedugul.

Baca Juga :  Wujud Sradha Bhakti, Pemkab Tabanan Laksanakan Bhakti Penganyar Di Pura Agung Besakih Warsa 2024

Sementara untuk jenis pohon yang ditanam dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, antara lain antidesma bunisius (buni), eugenia uniflora (dewan daru), dysoxylum parasiticum (majegau), dodonaea viscosa (kesua), cinnamomum burmmani (kayu manis), agathis damara (damar), baccaurea racemosa (kepundung), dan dacrycapus imbricatus (cemara pandak).

Dikatakan Serta Budarta bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melestarikan ekosistem tanaman langka di wilayah Negara Republik Indonesia, agar tidak punah karena penebangan liar atau illegal logging di wilayah hutan, di tempat ekosistem tanaman tersebut tumbuh. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News