Diklat Kepemangkuan
67 Pinandita Ikuti Diklat Kepemangkuan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Guna meningkatkan pelayanan kepada umat, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) cabang Gianyar menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepada pemangku di Gedung PLUT Bedulu, Jumat (20/5/2022).

Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya mewakili Bupati Gianyar yang membuka Diklat tersebut berharap dengan adanya diklat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan bhakti kepada Tuhan Hyang Maha Esa.

Dilanjutkannya, selain tugasnya untuk menuntun umat dalam melaksanakan upacara agama, pemangku juga diharapkan dapat menuntun umat dalam kehidupannya. “Pemangku juga mempunyai tugas mendoakan alam beserta isinya agar berjalan baik,” ujarnya.

Terlebih dengan diklat ini terlahir pemikiran-pemikiran yang baik demi kebaikan bersama dalam beragama. Untuk itu, Wisnu Wijaya berharap semua peserta diklat dapat mengikuti diklat dengan baik agar dapat menerapkannya di masyarakat sesuai dengan pakem kepemangkuan.

Baca Juga :  Desa Swan Villas & SPA Keramas, Surga Liburan Bernuansa Bali

Sementara itu, Ketua panitia diklat Jro Mangku Nyoman Sudanta mengatakan tujuan diklat tersebut untuk meningkatkan pengetahuan umat Hindu, terutama untuk pemangku ataupun calon pemangku.  Terlebih untuk mengingatkan tentang kewajiban para pemangku yang ada di Gianyar.

Diklat kepemangkuan tersebut akan dilaksanakan selama lima hari, mulai Jumat (20/5/2022) hingga Selasa (25/5/2022) yang dituntun oleh para sulinggih. Adapun materi yang diberikan berjumlah 10 materi seperti Perkembangan Agama Hindu, Tentang Kepemangkuan, Wariga Asta Kosala-kosali, Pelinggih Fungsi dan Maknanya, serta Sesana Pemangku.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News