Sampah
Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Bupati Giri Prasta Dampingi Mendagri Tito Karnavian Luncurkan Tagline #GILAsSampah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta bersama Sekda I Wayan Adi Arnawa mendampingi Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Tito Karnavian, luncurkan Tagline #GILAsSampah (Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah) di Pantai Jerman, Kuta, Minggu (17/4/2022).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan edukasi pemilahan sampah dan penukaran sampah terpilah ini, dalam rangka penyelenggaraan Pameran Sampah Internasional Indonesia atau Indonesia International Waste Expo (IIWAS), Tri Senses Bali 2022. Kegiatan ini merupakan kolaborasi 12 Kementerian/Lembaga, Pemprov Bali dan Stakeholder terkait. Acara juga dihadiri Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Kementerian/Lembaga serta perwakilan Bupati/Wali Kota se-Bali.

Dalam sambutannya Mendagri Tito Karnavian menyebutkan, #GILAsSampah ini bukan merupakan sesuatu yang baru, namun bagaimana pemerintah mampu mendorong seluruh stakeholder dan masyarakat untuk dapat mewujudkan pengelolaan sampah secara berkelanjutan. Kegiatan ini juga sebagai momentum digelarnya KTT G20 di Bali Oktober 2022 mendatang.

“Pertama kali dalam sejarah, Indonesia menjadi Ketua atau Presidensi Negara dengan 20 ekonomi terbesar. Dan Bali menjadi venue yang paling penting, karena hampir semua kegiatan G20 akan dipusatkan di Bali. Salah satu tema penting yang diangkat adalah masalah iklim pemanasan global dan masalah lingkungan. Sehingga gerakan ini menjadi salah satu upaya kita untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih,” jelasnya, seraya menambahkan bahwa tidak bisa ditawar lagi Bali sebagai tuan rumah utama, harus menunjukkan bukan hanya keamanan dan kelancaran acaranya, namun juga dapat menunjukkan bahwa kita bisa mengelola lingkungan dengan pengelolaan sampah dengan baik.

Baca Juga :  Kembali Bertambah Konektivitas India, Indigo Airlines Beroperasi Perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai

“Untuk itu diperlukan kolaborasi dari hulu hingga hilir. Koordinasi pemerintah pusat hingga daerah. Kegiatan ini bukan untuk G20 saja, bukan untuk Bali saja yang bersih namun semua kabupaten/kota di Indonesia juga bersih,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, acara ini akan berlangsung selama 4 (empat) hari dengan agenda seminar, literasi-edukasi, kegiatan menghubungkan orang-orang (connecting people) serta melakukan pameran tentang inovasi di bidang pengelolaan sampah.

Sementara Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Mendagri beserta para Menteri lainnya yang sudah luncurkan #GILAsSampah yaitu gerakan inovasi langsung aksi tuntaskan sampah. Menurutnya, pengelolaan sampah di kabupaten badung telah menerapkan 3R (reuse, reduce dan recycle), sehingga TPS3R dibangun di semua desa dan kelurahan, termasuk TPST di beberapa Kecamatan dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri.

“Karena kami punya prinsip kalau kita membuang sampah, berarti kita memindahkan masalah ke orang lain. Maka prinsip kami menyelesaikan sampah berbasis sumber,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News