Subak
Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Pedudusan Alit dan Mecaru Rsi Gana di Pura Subak Tegallantang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara hadiri pelaksanaan Karya Pedudusan Alit dan Mecaru Rsi Gana di Pura Subak Tegallantang, Desa Padangsambian Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, pada Selasa (19/4/2022).

Hadir juga dalam upacara tersebut Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Barat, Ida Bagus Made Purwanasara, Kepala Desa Padangsambian Kelod, I Gede Wijaya Saputra, serta kelian adat desa setempat.

“Dilaksanakannya upacara ini tentu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Dan upacara ini diawali dengan tetabuhan wali, diiringi kidung suci, dan tarian rejang,” kata Pekaseh Subak Tegallantang, I Wayan Sugawa.

Lebih lanjut dikatakannya, upacara Pedudusan Alit dan Mecaru Rsi Gana ini dilaksanakan setelah rampungnya pelaksanaan renovasi Pelinggih Ratu Sedan, Ratu Ngurah, Pengasti serta balai pendukung yang berada di sekitar area Pura Subak Tegallantang.

Baca Juga :  Marak Modus Penipuan dengan File APK Mengancam Warga Bali

“Kami berharap setelah dilaksanakannya upacara ini agar dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar umat khusunya para petani serta kedepannya agar upacara seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di pura-pura subak lainnya di Kota Denpasar,” kata Wayan Sugawa.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan upacara Pedudusan Alit dan Mecaru Rsi Gana ini hendaknya dijadikan momentum bagi seluruh masyarakat untuk menjaga keharmonisan antara Parahyangan, Palemahan, dan Pawongan sebagai implementasi dari ajaran Tri Hita Karana.

“Dengan pelaksanaan Pedudusan Alit dan Mecaru Rsi Gana ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi kehidupan sebagai impelementasi Tri Hita Karana,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News