SMP PGRI 2 Denpasar
SMP PGRI 2 Denpasar Raih Rekor MURI pada Festival Literasi Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – SMP PGRI 2 Denpasar (Grisda) kembali meraih prestasi tingkat nasional, kali ini Grisda berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Kontributor Pencapaian Rekor Muri Peluncuran Buku Fiksi dan Non Fiksi Terbanyak dalam Pemecahan Rekor MURI melalui program-program literasi yang diselenggarakan oleh Nyalanesia selama April 2021 hingga Maret 2022.

Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Ayu Sri Wahyuni mengatakan sebelum mengikuti Festival Literasi Nasional, pihak sekolah mengikuti sosialisasi dari Nyalanesia tentang festival tersebut. Untuk di Grisda diikuti 50 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Selain SMP PGRI 2 Denpasar, festival ini juga diikuti dari sekolah lain di Kota Denpasar maupun dari daerah lain.

Baca Juga :  Peringati Serangan Umum Kota Denpasar Ke-78 Tahun, Wawali Arya Wibawa Laksanakan Tabur Bunga dan Serahkan Bantuan Kepada Veteran

“Persiapan mengikuti Festival Literasi Nasional ini, kami terlebih dahulu memberikan arahan kepada seluruh siswa dan membina siswa terkait untuk membuat karya sastra murni hasil karya sendiri. Pihak sekolah betul-betul menyeleksi karya dari siswa agar tidak temukan plagiarisme,” ungkap Sri Wahyuni saat dihubungi via Whatsapp, Minggu (17/4/2022) sore.

Sri Wahyuni juga menambahkan dalam pencapaian tersebut, siswa Grisda menulis puisi, dan setiap sekolah yang mengikuti festival tersebut diberi penghargaan MURI.

“Karya tulis tersebut akan dijadikan buku dan diberikan Internasional Standard Book Number (ISBN),” kata Sri Wahyuni.

Disinggung tentang momen menarik selama mengikut Festival Literasi Nasional, Sri Wahyuni mengaku sangat senang karena peserta dibimbing untuk menghasil karya sastra yang baik dan juga diberikan narasumber yang memotivasi hingga siswa dapat menghasilkan karya sastra yang sangat bagus.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024
SMP PGRI 2 Denpasar
SMP PGRI 2 Denpasar Raih Rekor MURI pada Festival Literasi Nasional. Sumber Foto : Istimewa

“Selain itu anak-anak juga bangga karena hasil karya mereka telah dicetak dan bisa dibaca oleh teman-teman di sekolah,” ucap Sri Wahyuni.

Atas pencapaian ini, Sri Wahyuni berharap siswa SMP PGRI 2 Denpasar semakin semangat berkarya dan kemampuan literasinya semakin meningkat.

“Pihak sekolah sangat mendukung program positif seperti ini, karena ini merupakan salah satu aksi nyata dalam mewujudkan budaya literasi di sekolah. Tidak hanya dalam festival ini, tetapi pada kegiatan-kegiatan positif yang melibakat siswa kami selalu dukung dan dampingi,” tutup Sri Wahyuni.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News