BPSDMP
Sekda Suyasa Harapkan Kerja Sama BPSDMP Yogyakarta Terus Berlanjut Setiap Tahunnya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., mengharapkan kerja sama yang sudah terjalin sangat baik bersama Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogayakarta dalam tujuannya meningkatkan kualitas SDM di Buleleng terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Mewakili Bupati Buleleng, Senin (4/4/2022), Sekda Suyasa yang hadir meresmikan pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi TIK Berbasis SKKNI dalam program vocational school graduate academy (VSGA) di Hotel Banyualit menyampaikan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan guna mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM, baik itu pelajar maupun para pelaku UMKM di Buleleng. Terlebih kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan BPSDMP Kominfo Yogyakarta merupakan satu-satunya di Bali pada tahun 2021.

Baca Juga :  Widia Utami, Sosok Inspiratif Perempuan Buleleng Pelestari Seni dan Budaya

“Kami ucapkan terima kasih kepada BPSDMP Yogyakarta karena memilih Buleleng saat ini dari tahun lalu yang saya ikuti sampai saat ini. Kami mohon ke depannya di Buleleng bisa dilanjutkan, karena kami sudah berkomitmen dalam kepesertaan kualitas peserta termasuk manajemen kita semua. Sehingga Buleleng tidak ditinggalkan,” harap Sekda Suyasa.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada seluruh peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh proses pelatihan hingga sertifikasi. Hal itu dinilai penting karena ke depan SDM dituntut untuk mampu mengejar perkembangan digitalisasi, terlebih sekarang ini kehidupan nyata secara perlahan telah bergeser ke dunia digital.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng dan Pemkab Badung Bersinergi Dalam Pembangunan

Ditambahkan, pemerintah kabupaten/kota lain di Bali sudah mulai berencana untuk menjalin kerja sama dengan BPSDMP Yogyakarta untuk melakukan kegiatan yang sama. Terkait itu Sekda Suyasa meminta seluruh peserta memanfaatkan kesempatan baik ini dengan maksimal.

“Kabupaten lain mulai berniat untuk ikut seperti kita dan mengharapkan BPSDMP Yogyakarta bisa melakukan perjanjian kerja sama. Kami mohon dengan sangat adik-adik sekalian yang ikut kegiatan ini bisa serius dan memberikan manfaat yang besar buat kabupaten sendiri,” pinta Sekda Suyasa.

BPSDMP
Sekda Suyasa Harapkan Kerja Sama BPSDMP Yogyakarta Terus Berlanjut Setiap Tahunnya. Sumber Foto : Istimewa

Sementara itu, dalam kesempatan pelatihan VSGA, Kadis Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan juga turut memberikan materi pembuka kepada peserta. Sebagai leading sektor TIK, Kadis Suwarmawan menerangkan akan pentingnya memahami pemanfaatan digital yang baik. Sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya.

“Perkembangan digital memang sangat baik manfaatnya bagi kita, tapi jangan lupa untuk selalu waspada dan teliti dalam mengakses berbagai informasi. Ibarat pisau, perkembangan teknologi seperti pisau yang bermata dua, ada dampak negatif dan positifnya,” terang Kadis Suwarmawan.

Lebih lanjut dijelaskan, hal penting yang wajib dilakukan dalam mengikuti perkembangan digital sekarang ini adalah lebih mengutamakan saring sebelum sharing, kemudian tidak menitikberatkan digitalisasi dalam berbagai aktivitas agar tidak timbul kemalasan untuk menggerakkan tubuh.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News