Undiksha
Kampus Undiksha. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) telah ditutup.

Bagi lulusan SMA/SMK/sederajat yang ingin kuliah di Undiksha tidak perlu khawatir. Perguruan tinggi terakreditasi unggul ini masih membuka pendaftaran melalui Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri Computer Based Test (SMBJM-CBT) pada 4 Mei – 24 Juni 2022. Jalur ini dibuka untuk program Diploma III dan S-1.

Secara keseluruhan, kuota penerimaan mahasiswa Diploma III dan S-1 Undiksha sekitar 4 ribu orang. Kuota tersebut, sebanyak 30 persen dialokasikan untuk SMBJM-CBT.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I., mengharapkan kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para calon mahasiswa yang belum sempat mendaftar sebelumnya. Seleksi ini nantinya dilaksanakan langsung di kampus Undiksha. Berbeda dengan UTBK-SBMPTN, para peserta dapat mengikuti dari perguruan tinggi pelaksana terdekat dari tempat tinggal.

Baca Juga :  Ajak Masyarakat Jaga Alam, GenBI Undiksha Gelar Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai

“Tahun sebelumnya kita melaksanakan SMBJM itu secara luring. Kita mengikuti yang sudah dilaksanakan untuk SBMPTN,” jelasnya, Jumat (29/4/2022).

Disampaikan lebih lanjut, saat ini Undiksha sedang mengusulkan peningkatan program Diploma III menjadi Sarjana Terapan (Diploma IV). Izinnya diharapkan bisa keluar secepatnya dan penerimaan mahasiswanya bisa melalui SMBJM-CBT.

“Kami memiliki 8 program studi Diploma III yang akan ditingkatkan menjadi Sarjana Terapan dan kami harap ijinnya bisa keluar secepatnya dan bisa ikut seleksi mahasiswa jalur mandiri,” katanya.

Undiksha komitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing. Hal tersebut telah didukung dengan tenaga pendidik dosen yang kompeten dan sarana prasarana yang memadai. Sebagai lembaga pendidikan yang berperan mewujudkan SDM unggul, Undiksha menawarkan biaya pendidikan yang terjangkau, baik Uang Kuliah Tunggal (UKT) maupun Sumbangan Pembangunan Kelembagaan (SPK) untuk jalur mandiri.

Baca Juga :  Undiksha Usulkan 8 Prodi D-3 Naik ke D-4

Undiksha saat ini memiliki delapan fakultas, yaitu Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, dan yang terbaru alah Fakultas Kedokteran. Bidang studi yang ditawarkan tidak hanya menawarkan bidang kependidikan, tetapi juga non kependidikan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini