Satu Indonesia Awards
Penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards Gelorakan #SemangatSalingBantu di Desa Pemuteran. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Penerima Satu Indonesia Awards 2021 asal Bali, Gede Andika Wirateja, penerima apresiasi kategori khusus, pejuang tanpa pamrih di masa pandemi Covid-19 turut mengobarkan #SemangatSalingBantu.

Dengan mengkhususkan bagi warga kurang mampu dan lansia, Gede Andika menyalurkan 65 paket sembako berisi beras, gula, minyak goreng, susu, mie instan, kue kering, dan kecap yang diserahkan secara langsung di Balai Desa Pemuteran, Grokgak, Buleleng disaksikan oleh anak-anak yang terbentuk dalam Program KREDIBALI.

Program #SemangatSalingBantu dilaksanakan pada Sabtu (30/4/2022), yang diterima langsung oleh warga kurang mampu dan lansia disaksikan perwakilan dari Grup Astra Bali, Komunitas Jejak Literasi Bali dan perwakilan perangkat Desa Pemuteran.

Dalam kegiatan yang bersamaan dengan kelulusan dari anak-anak yang mengikuti program KREDIBALI, juga dilakukan penyerahan sertifikat kelulusan, kamus Bahasa Inggris, buku literasi Bahasa Inggris serta bantuan berupa sepatu sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu.

KREDIBALI adalah Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan, penyelenggara kursus Bahasa Inggris bagi anak-anak SD sampai SMP yang diluncurkan bulan Mei 2020 di Desa Pemuteran Kabupaten Buleleng. Siswa yang berminat kursus diminta membayar dengan sampah plastik yang dikumpulkan dari limbah rumah tangga masing-masing. Program ini diadakan sebagai respon terhadap pandemi Covid-19 yang membuat siswa tidak bisa belajar di sekolah.

Untuk itu pada kesempatan yang sama Grup Astra Bali juga menyerahkan tempat sampah #SemangatKurangiPlastik tote bag Astra Satu Indonesia yang berisi tumbler dan masker sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan semangat kurangi plastik dan menjaga prokes.

Baca Juga :  Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, Komitmen Astra Dukung Kesadaran Aman Berkendara

KREDIBALI bekerja sama dengan Plastic Exchange lembaga nirlaba di Bali yang mengelola bank sampah. Pertama sampah plastik yang dikumpulkan siswa ditimbang dengan satuan kilogram. Lalu sampah ditabung di Plastic Exchange untuk ditukar beras. Beras yang didapat akan dibagikan kepada penduduk lanjut usia yang kurang mampu di sekitar Desa Pemuteran. Acara pembagian beras dilakukan setelah test kemajuan kompetensi di setiap semester.

Satu Indonesia Awards
Penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards Gelorakan #SemangatSalingBantu di Desa Pemuteran. Sumber Foto : Istimewa

“Melalui program bantuan Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri dengan #SemangatSalingBantu merupakan sebuah kegiatan di berbagai daerah di Indonesia, bagi pemuda yang menerima Satu Indonesia Awards yang dilaksanakan oleh PT Astra Internatioal Tbk. Sementara Khusus wilayah Bali pemuda milenial, Gede Andika Wirateja sebagai Mutiara dari Pemuteran Singaraja ini dipercayakan untuk menyalurkan bantuan 65 paket sembako. Semoga bantuan ini dapat meringankan masyarakat yang terdampak yang membutuhkan bantuan agar survive dan bangkit dari masa kesulitan,” ungkap Alexandra Dewi perwakilan dari Grup Astra Bali.

Baca Juga :  Sisihkan Puluhan Ribu Peserta, 22 Satdik di Buleleng Menjadi Sekolah Penggerak

Turut hadir dalam acara #SemangatSalingBantu dan menyaksikan kelulusan program KREDIBALI, Kepala Cabang Toyota Auto2000 Singaraja, Martin Zulfikar, Kepala Cabang Astra Daihatsu Singaraja, Wayan Sumerta, serta Kepala Cabang FIFGROUP Singaraja, Komang Restu Mahendradata .

Penghargaan SATU Indonesia adalah sebuah ajang kompetisi yang untuk menjaring anak bangsa yang senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat melalui lima bidang yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi. Tahun 2022 ini merupakan tahun ke-13 penyelenggaraan SATU Indonesia Awards oleh Astra.

Mengusung tema ‘Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama’, Astra mengajak masyarakat khususnya para generasi muda untuk semangat bergerak melakukan perubahan. Sebab, keberhasilan suatu bangsa tak lepas dari andil positif para pemudanya.(bpn(

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini