Buku Pedoman Akademik Program Doktor
Pemutakhiran Buku Pedoman Akademik Program Doktor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pascasarjana Universitas Udayana menyelenggarakan rapat pemutakhiran Buku Pedoman Akademik Program Doktor. Agenda dibuka oleh Direktur Pascasarjana Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc.,Ph.D serta dipimpin oleh Prof. Ir. I Wayan Arthana, M.S., Ph.D selaku Ketua rapat pemutakhiran Buku Pedoman Akademik Program Doktor Pascasarjana Universitas Udayana. Acara ini dihadiri Koordinator Program Studi Doktor Universitas Udayana secara Hybrid.

“Penyempurnaan Pedoman Akademik Doktor bertujuan mengikuti perkembangan peraturan yang berlaku perguruan tinggi saat ini,” ujar Ketua TIM Penyusun Pedoman Akademik Doktor Prof. Ir. I Wayan Arthana, M.S., Ph.D.

Baca Juga :  Sentra HKI – LPPM Unud Hadiri Acara Promosi dan Diseminasi Hak Cipta Kemenkumham Kanwil Bali

Tiap program studi diberikan kesempatan mengajukan Masalah yang dihadapi. Penyempurnaan pedoman akademik akan mengacu pada panduan DIKTI.

“Capaian pembelajaran lulusan, Tugas Akhir, Publikasi akan kita tuangkan dalam pedoman akademik doktor,” jelasnya.

Penyempurnaan Pedoman Akademik Doktor agar dapat mengarahkan Mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti dan dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga riset atau pusat studi yang berada di luar program studi. Penelitian mahasiswa diharapkan dapat ditingkatkan mutunya juga pengalaman mahasiswa dalam proyek riset yang besar akan memperkuat pool talent peneliti secara topikal. Mahasiswa mendapatkan kompetensi penelitian melalui pembimbingan langsung oleh peneliti di lembaga riset atau pusat studi.

Selain itu kerjasama penelitian terhadap mahasiswa dapat menunjang proses akreditasi.Tujuan utama acara ini adalah menyusun Pedoman Akademik Program Doktor, yang diharapkan dapat berlaku mulai tahun 2022.

Baca Juga :  Universitas Udayana Lepas 382 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata

Sebelumnya Pascasarjana Universitas Udayana telah mempunyai Pedoman Akademik Program Doktor tahun 2020, yang tentunya masih membutuhkan penyesuaian dengan kondisi saat ini. Melalui acara ini, diharapkan dapat menampung seluruh usulan dan saran perbaikan berdasarkan format atau kebutuhan dari program studi untuk menjadikan pedoman akademik  dapat digunakan sesegera mungkin.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini