Catwalk
Pejabat Jembrana Beradu di Atas Catwalk Pamerkan Tenun Khas Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – 52 pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Jembrana beradu kemampuan berjalan di atas catwalk memamerkan busana tenun khas Jembrana. Lomba fashion show digelar memperingati Hari Kartini ke-143 tahun 2022 di Angkringan Negaroa Bahagia, Kamis (22/4/2022) malam.

Acara yang digagas oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana menampilkan sejumlah busana dengan bahan dan pernak-pernik menggunakan kain tenun UKM Jembrana. Tidak hanya diikuti pimpinan OPD beserta pasangannya, turut berjalan diatas catwalk bupati, wakil bupati, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Jembrana.

Model dadakan ini sukses mengundang perhatian pengunjung angkringan selain tentunya didukung suporter dari OPD masing-masing.

Ketua Panitia Parade Busana, drh. Dwi Madiani yang juga sebagai Ketua Pokja II TP PKK Jembrana mengatakan disamping momentum memperingati Hari Kartini ke-143, parade busana tenun Jembrana merupakan program kerja (Pokja) II TP PKK Jembrana untuk melestarikan produk kearifan lokal yakni tenun khas Jembrana.

Baca Juga :  Pertama di Bali, BPD Bali Pilih Jembrana Luncurkan Kredit Pembiayaan Sektor Prioritas

“Kita ingin dengan terselenggaranya parade busana ini, tenun khas Jembrana semakin dikenal luas lagi dan kita sebagai masyarakat Jembrana semakin mencintai produk kearifan lokal ini. Selain itu, parade busana ini juga sebagai pengungkit semangat bagi para pengerajin tenun di Jembrana untuk bangkit kembali dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tamba yang didampingi Ny. Candrawati Tamba memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan parade busana tenun Jembrana ini.

“Saya mendukung penuh kegiatan yang digagas oleh TP PKK Jembrana dalam rangka memperingati hari Kartini tahun 2022. Ini menjadi ajang show up (menunjukkan), kita punya tenun dengan berbagai motif yang sangat bagus sekali. Jangan sampai kita masyarakat Jembrana tidak mencintai produk kearifan lokal ini, justru sebaliknya harus dicintai,” ujarnya.

Lebih lanjut, pencetus salam Jembrana Bahagia tersebut menuturkan pemerintah daerah sangat komitmen dalam melestarikan dan memperkuat tenun khas Jembrana.

“Salah satu wujud komitmen kita yang segera terwujud yaitu di bangunnya sentra tenun. Keberadaan sentra tenun ini nantinya sebagai ruang etalase yang memuat seluruh hasil pengrajin tenun-tenun di Jembrana termasuk juga kita tampilkan Diharapkan nantinya industri kerajinan tenun ini semakin berkembang lagi,” harap Bupati asal Kaliakah itu.

Tak lupa, Tamba juga mengucapkan Selamat Hari Kartini ke-143 untuk perempuan-perempuan tangguh dan hebat di Kabupaten Jembrana.

“Melalui peringatan hari Kartini, saya ingin kaum wanita/perempuan kembali merefleksikan nilai-nilai perjuangan yang ada pada sosok Kartini, sehingga dapat menginspirasi agar kaum perempuan terus maju dan semangat dalam memperjuangkan cita-cita dan tujuan. Terlebih ditengah pandemi ini, harus lebih kreatif dan inovatif serta ikut menjadi pejuang dalam mendorong pemulihan ekonomi di Kabupaten Jembrana,” Kata Bupati Tamba.

Baca Juga :  Jelang Kuningan dan Nyepi, Bupati Tamba Salurkan Beras CPP Tahap II

Diakhir pagelaran busana, sebagai bentuk ucapan hari kartini, Bupati menyerahkan bunga angrek yang diterima oleh masing-masing istri dari jajaran Forkopimda Jembrana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup IGN Patriana Krisna, Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, Kapolres Jembrana, AKBP. I Dewa Gde Juliana, Kajari Jembrana, Salomina Meyke Salima, Ketua Pengadilan Negeri Negara, Ni Made Oktimandiani, Sekda I Made Budiasa yang keseluruhan didampingi pasangan masing-masing serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News