Desa Wisata
Desa Wisata Seni Budaya dan Bahari Program CSR Pertamina di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus kembangkan program desa wisata seni budaya dan bahari (Dewata Asri) di Karangasem, Bali. Program yang dilaksanakan di Desa Antiga ini telah dilaksanakan sejak tahun lalu dan tahun ini memasuki tahun kedua program.

Desa Antiga merupakan salah satu contoh desa yang berkembang bersama dengan upaya-upaya swadaya yang dilakukan oleh masyarakat dan mempunyai rencana jangka panjang untuk dapat merealisasikan wisata nyegara gunung, dimana wisatawan akan tinggal lebih lama dan dapat menikmati alam dari hulu ke hilir.

Panorama Pantai Labuhan Amuk Desa Antiga dengan pemandangan bawah laut yang terdiri dari terumbu karang dan pelbagai jenis ikan memiliki keindahan yang bisa menjadi potensi wisata bahari, seperti snorkling, dan diving.

Dengan pandemi yang sedang terjadi, keadaan pariwisata di Bali mendapat tantangan yang besar dan menjadi pekerjaan rumah bersama untuk dapat bangkit. Program Inclusive Marine Tourism ‘Dewata Asri’, selain mempersiapkan wisata berkelanjutan di desa, diupayakan juga dapat menjadi ‘nafas segar’ bagi masyarakat desa untuk dapat bekerja membangun dan mempersiapkan desanya untuk dapat merealisasikan wisata berkelanjutan.

Baca Juga :  Jejaring Ulakan, Program CSR Pertamina Gandeng Nelayan Wanita untuk Lebih Berdaya

Desa Antiga sebagai desa binaan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus untuk wilayah Integrated Terminal Manggis yang dalam pelaksanaannya dibantu Conservation International yang juga merupakan wilayah kawasan konservasi perairan dipilih untuk menjadi lokasi konservasi kebun karang sebagai usaha inklusif membangun desa.

Pemerintah Desa Antiga juga memiliki komitmen yang besar untuk dapat bekerja secara inklusif bersama pihak lain, salah satu komitmen pemerintah desa Antiga adalah dapat menghubungkan pihak-pihak swasta dan masyarakat yang memiliki visi yang sama untuk dapat mendorong program ini.

Baca Juga :  AHM Donasikan Ratusan Motor untuk Dunia Vokasi
Desa Wisata
Desa Wisata Seni Budaya dan Bahari Program CSR Pertamina di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan program CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus di Karangasem ini sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program pemberdayaan terutama untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Dan untuk program ini sendiri, Pertamina bulan lalu berhasil meraih penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2022 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR.

Baca Juga :  Program Langit Biru, Konsumen Denpasar Nikmati Pertalite Harga Promo

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang selalu terlibat dan berkolaborasi dalam menjalankan program-program CSR yang kami rancang, mulai dari masyarakat sendiri, lembaga dan instansi kemasyarakatan, media hingga pemerintah daerah setempat. Semoga kedepannya terciptanya desa wisata bahari dan seni budaya yang dikelola oleh masyarakat Desa Antiga secara mandiri, ramah lingkungan, dan berkelanjutan,” tutup Deden.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini