VCO
Mahasiswa Prodi Teknologi Industri Pertanian FTP Unud Kembangkan Produk Inovasi Margarin Berbasis Lemak Kakao dan VCO. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian (Prodi TIP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) mengembangkan produk inovasi margarin berbasis lemak kakao dan Virgin Coconut Oil (VCO) di Laboratorium Rekayasa Proses dan Pengendalian Mutu.

Margarin adalah emulsi air dalam minyak yang berbentuk padat dan berwarna kuning dengan persyaratan mengandung tidak kurang dari 80% lemak.

Lemak yang biasanya digunakan dalam proses produksi margarin adalah lemak nabati seperti minyak kelapa, minyak inti sawit, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak kedelai dan minyak jagung. Minyak nabati umumnya berwujud cair, karena mengandung asam lemak tidak jenuh, seperti asam oleat, linoleat dan linolenat.

Adapun Proses pembuatan margarin melalui beberapa tahapan yaitu fase minyak, fase air, pencampuran fase minyak dan fase air, pendinginan untuk membentuk tekstur dan tempering.

Baca Juga :  HI Unud Gelar Webinar Hibrid Kurikulum Berdasarkan KKNI

Gusti Agung Ayu Kade Saraswati di bawah bimbingan Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P., dan Dr. I Gusti Ayu Lani Triani, S.TP., M.Si., inovasikan margarin premium berbahan dasar lemak kakao, VCO, lesitin kedelai, air, dan garam.

Gusti Agung Ayu Kade Saraswati yang akrab di sapa saras mengatakan bahwa inovasi pengembangan produk margarin ini sedang dalam tahap riset, ia mengatakan akan melakukan riset terkait uji fisik dan uji kimia margarin yang dihasilkan, diharapkan nantinya produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) Margarin 01-3541:2014.

Baca Juga :  “Bumbu Genep Powder” Produk Lokal Bali yang Siap Mendunia

“Ke depannya diharapkan inovasi pengembangan produk margarin ini dapat memberikan informasi ilmiah dan dijadikan referensi bagi perkembangan ilmu teknologi pertanian dan menambah kajian ilmu mengenai inovasi produk margarin,” papar Saras. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini