Pasar Rakyat
Ketua TP PKK Tabanan Hadiri Program PKK “Pasar Rakyat” di Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai salah satu upaya mendukung tercapainya program unggulan PKK dalam kategori aksi sosial, Ketua TP PKK Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., hadiri undangan pasar rakyat PKK tahun 2022 yang diselenggarakan pagi hari di alun-alun Kabupaten Bangli, Senin (4/4/2022).

Dikesempatan itu, nampak hadir Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster, Bupati dan Wakil Bupati Bangli, serta seluruh ketua TP PKK Kabupaten / Kota Se-Bali, Kepala Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali.

Pasar rakyat dengan tema ‘Menyapa & Berbagi’ ini menghadirkan hasil bumi pertanian dan juga kerajinan asli para petani dan pengrajin Kabupaten Bangli. Mulai dari sembako, makanan dan minuman, produk lokal dan kerajinan masyarakat. Kegiatan ini sebagai wujud aksi sosial program kerja TP PKK di mana, para undangan dan masyarakat dipersilahkan untuk berbelanja di Pasar Rakyat dan hasil belanjaan tersebut nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Terhitung jumlah penyerahan sembako yang disiapkan sebanyak 200 paket, serta penerima bantuan berjumlah 100 orang yang terdiri dari 4 kecamatan, di mana masing-masing kecamatan berjumlah 25 orang dengan kriteria penerima yaitu masyarakat kurang mampu dan yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Ikuti Rangkaian Persembahyangan Tawur Agung Kesanga di Pura Catus Pata Kota Tabanan

Dalam arahannya, Ny Putri Koster selaku ketua TP PKK Provinsi menegaskan tentang 10 program unggulan PKK yang sedang digencar realisasinya. Terbagi dalam 2 kategori, yaitu sosialisasi dan aksi sosial.

Ia mengimbau untuk kader PKK semakin menggalangkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, tidak hanya dengan turun langsung namun juga memanfaatkan media elektronik, cetak dan sosial. Sementara bagi aksi sosial, ia juga menyampaikan bahwa PKK akan lebih memfokuskan kegiatan sosial di masyarakat dibandingkan kegiatan-kegiatan normative dan seremonial. Termasuk di dalamnya ialah pasar rakyat.

“Pasar rakyat ini bagai pisau dengan dua mata. Sebulan sekali kita para pengurus PKK di seluruh kabupaten dan kota se-Bali bisa bertemu dan tatap muka untuk saling sharing namun di sisi lain kegiatan ini juga langsung menyasar masyarakat, kita belanja dan berbagi, walaupun hanya sehari nampun dampaknya luar biasa,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga kembali mengingatkan tentang pentingnya dukungan masyarakat terhadap program-program pemerintah yang telah dirancang, termasuk pentingnya perhatian masyarakat tentang pengelolaan sampah berbasis sumber yang sedang menjadi masalah utama di Bali. Sampah berbasis sumber tentunya juga berkaitan erat dengan program unggulan Aku Hatinya PKK, jika rumah tangga mampu mengelola sampah organik dengan baik, maka sampah tersebut dapat kembali dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman di pekarangan.

Menanggapi pelaksanaan pasar rakyat, Ny Rai Sanjaya sampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Kabupaten Bangli dalam memfasilitasi masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi melalui hasil-hasil bumi yang diperdagangkan.

Baca Juga :  2.300 Bintang Muda Sepak Bola Siap Berkompetisi di Barati Cup Bali 2024

“Program pasar rakyat ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk berdagang. Semoga manfaatnya untuk bangkit dan meningkatkan sektor perekonomian masyarakat bisa langsung dirasakan, nanti tentunya di Tabanan akan siap untuk ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini,” ungkap ketua TP PKK Tabanan tersebut.

Sebagai penutup, Ny. Putri Koster sampaikan apresiasi bagi kesuksesan pasar rakyat di Kabupaten Bangli, serta berikan semangat bagi PKK untuk terus maju, berinovas dan menjadi partner yang baik dan hebat bagi pemerintah.

“Ambil hal-hal kecil dengan ketulusan hati, dengan cinta yang besar, niscaya akan memberikan perubahan dalam kehidupan kita, hal itu berkaitan erat dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui tatanan fisiknya. PKK tetap semangat, di pasar rakyat ini tempat kita bergotong-royong, tempat untuk menyapa dan peduli serta berbagi untuk masyarakat setempat,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News