SMK Rekayasa
Kadek Rico, Jebolan SMK Rekayasa yang Sukses Berwirausaha. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak pengusaha yang terpaksa harus menggulung tikar karena omset menurun. Walaupun begitu, tidak sedikit penguasaha yang masih bertahan dengan tetap memegang teguh 5 kunci kesuksesan, yakni tabah, tekun kreatif, dedikasi, dan planning.

Berdasarkan informasi yang dihimpun jurnalis Baliportalnews.com pada Jumat (29/4/2022) dari salah satu alumni SMK Rekayasa, I Kadek Rico Deriawan yang kini sukses menjalani usaha servis elektronik.

Kadek Rico menjelaskan sebagai seseorang yang dapat dikatakan sukses menjadi wirausaha tentunya pengalaman menjadi guru utama dalam setiap tahap kehidupan dan pendidikan formal tetap memegang peranan tersendiri dalam kesuksesan. Selain itu pendidikan formal juga memiliki peran tersendiri dalam membentuk pola pikir setiap orang sukses, terlebih pendidikan yang di tempuh saat jenjang menengah atas.

“Saya adalah alumni tahun 2019 dari SMK Rekayasa, jujur ada beberapa hal yang paling berkesan bagi saya ketika menempuh pendidikan di sana. Salah satunya ketika saya diberi beasiswa untuk bersekolah dan menuntut ilmu di SMK Rekayasa. Kondisi saya saat itu berasal dari keluarga kurang mampu bahkan sering menunggak pembayaran SPP atau uang bulanan,” jelas Kadek Rico.

Ia memaparkan disaat ada siswa seperti dirinya yang kurang mampu, pihak guru dan staff di SMK Rekayasa berusaha untuk mencarikan beasiswa bagi siswa-siswanya yang kurang mampu dan tentu hal ini akan melecutkan semangat siswa yang mendapatkan beasiswa untuk terus belajar dan menuntut ilmu agar dapat membanggakan sekolah ke depannya.

“Selain itu saya juga banyak bertemu guru-guru yang profesional dan pantang menyerah dalam mendidik muridnya agar menjadi sesuatu yang berguna di kemudian hari. Selain itu saya juga memiliki guru kejuruan yang pantang menyerah dalam mengajar, men-support dan mendedikasikan waktunya untuk mengajar, sampai akhirnya saya ada di titik saat ini. Sampai kapan pun saya rasa tidak akan bisa membalas kebaikan dari beliau,” ungkap Kadek Rico.

Baca Juga :  Mahasiswa ITB STIKOM Bali Raih Juara Tinju Nasional dan Runner Up Silat

Kadek Rico juga mengimbau kepada adik-adik yang sedang menempuh pendidikan di SMK Rekayasa, jangan pernah jadikan ekonomi sebagai alasan untuk berhenti dan malas dalam belajar dan menempuh pendidikan.

“Jadikanlah itu sebagai semangat untuk melanjutkan pendidikan dan menambah ilmu, agar bisa mengubah ekonomi keluarga menjadi lebih baik lagi,” ajak Kadek Rico.

Kadek Rico juga menjelaskan, sekarang ini pengetahuan tidak hanya ada di buku saja seperti dulu, sekarang ilmu sudah banyak bisa di dapat dari guru- guru professional di SMK Rekayasa, lingkungan sekitar, internet seperti media sosial, google, youtube dan lain lain.

Baca Juga :  Unud Gelar Konferensi Pers, Gandeng Media Sosialisasikan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022

“Sebagai alumni dan peserta didik harus tetap menjaga nama baik SMK Rekayasa. You Are The Best,” tutup Kadek Rico.(tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini