Logo INSTIKI
INSTIKI Rutin Mengajak Mahasiswa dan Alumni untuk Melakukan Verifikasi Data Diri pada PDDIKTI Secara Berkala. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PDDIKTI kependekan dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi yang dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai pusat data seluruh pendidikan tinggi di Indonesia.

Seluruh perguruan tinggi resmi yang ada di Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Kementerian/Lembaga Lain dan Agama termuat dalam laman PDDIKTI yang dapat diakses melalui alamat https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Seluruh data perguruan tinggi seperti mahasiswa, alumni, dosen, program studi, dan informasi lainnya dapat diakses melalui PDDIKTI.

Tidak hanya civitas akademika perguruan tinggi, seluruh masyarakat juga dapat mengakses PDDIKTI untuk mengetahui informasi terkait dengan perguruan tinggi tersebut.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia atau dikenal dengan INSTIKI adalah transformasi dari kampus STIKI Indonesia (STMIK STIKOM Indonesia) yang berlokasi di Jalan Tukad Pakerisan No.97, Panjer, Denpasar.

Baca Juga :  DPRD Provinsi Bali Mendorong Pembentukan Ranperda untuk Dukung UMKM dan Kesetaraan Gender

INSTIKI secara konsisten rutin mengajak mahasiswa dan alumni untuk melakukan verifikasi data diri pada laman PDDIKTI. Menyadari pentingnya pelaporan data perguruan tinggi ke PDDIKTI, INSTIKI membentuk divisi khusus yang mengelola pelaporan data perguruan tinggi yang disebut Pengelola Data Digital (PDD) yang berada di bawah Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI). Pelaporan data secara rutin dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hingga saat ini, INSTIKI sudah menggunakan Penomoran Ijasah Nasional (PIN) bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya.

Untuk memperoleh PIN tersebut, data diri mahasiswa harus valid. Pengecekan kevalidan data diri mahasiswa tidak hanya dilakukan oleh perguruan tinggi saja, tetapi juga oleh mahasiswa ataupun alumni yang bersangkutan. INSTIKI secara rutin mengajak mahasiswa dan alumni untuk melakukan pengecekan data secara berkala pada PDDIKTI, baik melalui pembelajaran di kelas, media sosial, website, maupun media cetak. Berkat kerja sama antara civitas akademika INSTIKI, maka setiap permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga :  Jaga Kesucian Ibadah Nyepi, Indosat Ooredoo Hutchison Hentikan Sementara Layanan Data Seluler di Bali

Pada kesempatan ini kembali INSTIKI mengajak mahasiswa dan alumni untuk bersama-sama melakukan verifikasi data diri masing-masing di laman PDDIKTI.

Informasi ini akan secara berkala disampaikan baik melalui pembelajaran di kelas, media sosial, website, maupun media cetak untuk mengingatkan mahasiswa dan alumni akan pentingnya kevalidan data diri pada PDDIKTI.

Pastikan data diri anda (mahasiswa dan alumni INSTIKI) sudah valid pada PDDIKTI. Apabila ditemukan adanya data yang tidak sesuai maka dapat segera menghubungi program studi masing-masing untuk dapat segera dilakukan penyesuaian. Agar dapat dilakukan perbaikan secara segera, maka mahasiswa ataupun alumni yang data dirinya pada PDDIKTI tidak valid untuk melaporkan pada program studi masing-masing paling lambat 1 minggu setelah informasi ini diterbitkan. Informasi ini disampaikan mengingat pentingnya kevalidan data diri yang ada pada PDDIKTI.

Baca Juga :  Weekend Bersama New Honda Stylo 160, HCB Ajak Bikers Fashion Meet Up

Hal ini dikarenakan memberikan banyak manfaat yaitu mampu mengikuti setiap program yang diselenggarakan oleh pemerintah baik berupa beasiswa, hibah kompetitif, seleksi PNS, dan program lainnya. Demi kepentingan mahasiswa dan alumni, INSTIKI selalu rutin menginformasikan kepada mahasiswa dan alumni untuk bersama-sama selalu mengecek kevalidan data diri pada PDDIKTI. Yuk, verifikasi data diri anda pada PDDIKTI sekarang juga. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News