Autis
Buka Talkshow Hari Peduli Autisme se-Dunia, Antari Jaya Negara Ajak Bangun Kreativitas Penderita Autisme. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Memperingati Hari Peduli Autisme se-Dunia, Dinas Sosial Kota Denpasar, bersinergi dengan Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar menggelar Talkshow, Sabtu (2/4/2022) di ruang pertemuan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Layanan Disabilitas (PLD) kawasan Lumintang Denpasar.

Kegiatan ini dibuka Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty.

Ketua K3S Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan

Peringatan Hari Autis Sedunia dengan tema ‘Tantangan Inklusi di Tempat Kerja, Tantangan dan Peluang di Dunia Pasca Pandemi’ yang memerlukan dukungan seluruh pihak untuk memberikan kehidupan yang lebih baik.

“Pandemi Covid-19 belum usai, namun kreatifitas harus terus terbangun di kalangan penderita autis serta dukungan semua pihak (care giver) untuk dapat diterima di kalangan masyarakat,” ujar Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kepada orang tua dan peserta didik untuk terus semangat dan memberikan kesempatan berkreatifitas bagi putra putrinya dengan penuh kasih sayang.

Baca Juga :  ICON BALI XXI Resmi Dibuka, Rasakan Sensasi IMAX® with Laser Pertama di Bali

“Pemkot Denpasar dan K3S Denpasar tetap hadir melayani masyarakat dengan semangat Sewaka Dharma,” ujarnya.

Antari Jaya Negara juga menyampaikan Pemerintah Kota Denpasar memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas dalam situasi pandemi saat ini. Penyandang disabilitas menjadi kelompok yang rentan terinfeksi virus corona dengan berbagai resiko. Melalui visi misi Kota Kretif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju, serta dengan semangat Vasudhaiva Kututmbakam diharapkan kita bersama dapat terus bersinergi memberikan peluang kretaivitas bagi penyandang disabilitas serta memberikan rasa aman dan nyaman dalam situasi pandemi saat ini.

Sementara Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty mengatakan kegiatan talkshow mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dalam memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas di tengah situasi pandemi saat ini.

Baca Juga :  Kuatkan Semangat #Cari_Aman di Kalangan Pelajar, Astra Motor Bali Berbagi Prediksi Bahaya di SMA Harapan Nusantara

“Dinsos Kota Denpasar bekerja sama dengan IDI Cabang Denpasar dan Himpsi Wilayah Bali menyelenggarakan Talkshow dengan Tema Inklusi di Tempat Kerja: Tantangan dan Peluang di Dunia Pasca Pandemi dalam rangka Hari Peduli Autisme se-Dunia,” ujarnya.

Kegiatan ini juga disiarkan langsung oleh Radio RPKAD melalui Frekewnsi 92,6 FM yang juga dimeriahkan dengan penampilan kreatifitas dari Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Pusat Layanan Disabilitas Kota Denpasar sebagai kegiatan unjuk kebolehan dari Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme yang memiliki talents terpendam. Adapun yang ditampilkan adalah Tari Barong Tunggal, Pentas Menyanyi dengan judul lagu (Band D,Masiv Dibawah langit yang sama dan Band Padi Sahabat) dan Fashion Show Ayo Kem-Bali.

“Kegiatan talkshow dihadiri oleh para orang tua dengan anak Gangguan Spektrum Autisme  yang menghadirkan pembicara dr. Gusti Ngurah Sugitha, Sp.A(K) dari IDI Cabang Denpasar, membawakan materi berjudul Bagaimana Mengenali Anak Autisme,  Wiriana, S.Psi, M.Pd. Psikolog dari HIMPSI Wilayah Bali, dengan membawakan materi berjudul Bahagia Bertumbuh dan Berkembang Bersama Anak Alami Autis Problematika Orang Tua dengan Anak ASD, Yunita Hadi, S.Pd dari UPTD PLD Kota Denpasar dengan membawakan materi berjudul Kuat Bersama UPTD PLD Kota Denpasar dalam Menghadapi Tantangan Pasca Pandemi,” ujarnya.

Baca Juga :  Pilkada Serentak 2024, Isu Sara, Keamanan, dan Ketertiban, Menjadi Atensi Bersama

Disampaikan pula bahwa talkshow ini telah memberikan banyak masukan dalam peningkatan pelayanan UPTD PLD yang sebelumnya memiliki nama Pusat Layanan Autis. Bagaimana dalam pelayanan nanti tidak saja fokus pada akedemis, namun juga pada keterampilan anak didik di PLD. Hal ini telah juga disiapkan dalam langkah menggandeng komunitas hingga akademisi untuk memberikan peningkatan pelatihan untuk kreativitas anak disabilitas.

Kegiatan ini didukung para sponsorship dari Perumda Tirta Sewaka Dharma, PT. Mundhi Pama Health Care, Tara Health Care dan Radio RPKD Kota Denpasar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News