Solo Ride
Berani Jaga Bumi dan Plasticpay Gelar 'Solo Ride', Edukasi Ubah Plastik Jadi Uang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya untuk mendukung rangkaian Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang mengusung tema ‘Go Green’ PT Plasticpay Teknologi Daurulang yang merupakan sebuah perusahaan platform digital berbasis sosial digital bersama organisasi pegiat lingkungan hidup Berani Jaga Bumi Foundation akan melakukan diseminasi informasi serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan mesin penukaran sampah botol tol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) di tempat-tempat umum seperti mall dan minimarket.

Sebagai wujud edukasi tersebut maka dilakukanlah ‘Solo Ride Touring’ yang menempuh perjalanan dari Bali ke Jakarta sejauh 1.179,4 km dengan mengendarai sepeda motor merk Royal Einfield sendirian.

“Start akan dilepas oleh Ketua IMI Bali, Ajik Krisna dan dilakukan dari Jimbaran Hub, Bali dengan membawa botol-botol plastik yang akan dimasukan ke mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) yang berada di area Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta,” kata Yudhy Ervin Tiara, Founder Yayasan Berani Jaga Bumi, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi sosial dalam tindakan berkelanjutan dengan menggerakkan ekonomi sirkular bersama-sama melalui Konsep Eco Green.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

SOLO RIDE GOES TO IIMS HYBRID 2022, Impactfull Sustainable Movement ini didukung oleh Le Minerale, Berani Jaga Bumi Foundation, Jimbaran Hub, PlasticPay, Asosiasi Daur Ulang Plastik (ADUPI), ROYAL Einfield, Pabrikan motor asal buatan India dan STARS MODEL LOOK.

“Juga untuk mengajak dan merangkul semua pihak untuk peduli terhadap lingkungan mulai dari lingkup terkecil yaitu diri sendiri dan rumah tangga kita. Kita bisa mulai menerapkan gaya hidup minim sampah, memilah sampah dari rumah, serta menukarkan sampah botol plastik melalui fasilitas yang kami sediakan sehingga bisa menghasilkan uang,” tutur Yudhy.

Solo Ride
Berani Jaga Bumi dan Plasticpay Gelar ‘Solo Ride’, Edukasi Ubah Plastik Jadi Uang. Sumber Foto : Istimewa

Sampah plastik yang terkumpul akan ditukarkan menjadi Plasticpay Poin melalui aplikasi Plasticpay, yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang elektronik seperti DANA, OVO, Gopay, LinkAja, dan INACASH. kemudian Plasticpay akan mendaur ulang lalu mengubahnya menjadi butiran, Recycled Polyester Staple Fiber (“Re-PSF”), benang dan kain. Hasilnya adalah Eco-friendly fiber dan kain daur ulang yang memenuhi semua standar kualitas tinggi yang dapat digunakan untuk bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furniture, interior otomotif dan produk non-woven/ woven.

Ketua IMI Provinsi Bali, Gusti Ngurah Anom atau Ajik Krisna memberikan apresiasi terhadap aksi sosial bertemakan upaya penyelamatan lingkungan hidup yang dilakukan founder Yayasan Berani Jaga Bumi, Yudhy Ervin Tiara yang melakukan ‘SOLO Ride’ dengan menunggangi motor Himalayan Royal Enfield membawa sebagian botol plastik untuk dibawa ke mesin penukaran botol plastik menjadi saldo poin E-Money yang ada di area Pameran Internasional Indonesia Motor Show 2022 (IIMS2022) di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta.

“Kami mendoakan semoga beliau selamat membawa misinya membawa botol sampah plastik dari Bali sampai ke tujuan di area Pameran IIMS 2022 di Jakarta,” tutur Ajik.

Hadir dalam pelepasan bendera start tersebut, Pembina Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali, Jos Darmawan dan Pengelola Jimbaran Hub, Augyawati Joe serta Lenny Hartono, Desainer busana daur ulang yang juga founder STARS LOOK Model dan Komunitas Penggemar motor Royal Enfield (Royal Riders Indonesia/RORI).

Baca Juga :  Tim Gabungan Dishub Denpasar Tertibkan Kendaraan Yang Parkir Sembarangan, Diganjar Teguran, Penggembosan Hingga Tilang

“Kami mendorong langkah dan aksi nyata upaya penyelamatan lingkungan yang dilakukan Berani Jaga Bumi untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah botol plastik karena nantinya bisa ditukar dengan sejumlah saldo di E-Money,” pungkas Lenny Hartono.

Selain itu, kegiatan juga berupaya untuk mensosialisasikan pemasangan mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis Suhendra Setiadi, selaku CEO Plasticpay dan juga Direktur INOV mengatakan akan terus mensosialisasikan pemasangan mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) di tempat-tempat umum dalam rangka mendukung terwujudnya circular economy di Indonesia, Plasticpay bersama induk usaha PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), menggandeng berbagai komunitas dan UMKM untuk menciptakan produk-produk yang terbuat dari daur ulang sampah plastik yang bernilai ekonomis tinggi.

“Kami yakin dengan dorongan dan edukasi yang tepat, semangat dan antusiasme dari anak muda untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan akan semakin meningkat,” pungkas Suhendra. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News