Sahur
Ahli Gizi UGM Bagi Tips Memilih Makanan Sahur Agar Tidak Lemas Saat Puasa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Apakah Anda pernah mengalami lemas dan mudah merasa lapar saat menjalankan puasa Ramdahan meski sudah sahur? Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi., RD., membagikan sejumlah tips memilih makan sahur yang tepat agar tubuh tidak merasa lemas dan lapar selama istirahat.

“Upayakan makan sahur mendekati waktu imsak dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ada karbohidrat, protein, sayur dan buah,” ucapnya, Senin (4/4/2022).

Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini menjelaskan saat makan sahur menyarankan memilih makanan yang lambat dicerna. Misalnya, karbohidrat sebaiknya memilih karbohidrat kompleks. Beberapa di antaranya seperti nasi merah, roti gandum, dan oat.

“Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lama untuk dipahami sehingga membantu menjaga rasa puas lebih lama saat istirahat,” terangnya.

Baca Juga :  UGM Beri Pendampingan Petani Bunga Krisan di Kulon Progo

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi protein seperti kacang-kacangan, daging, dan ikan. Lalu makanan kaya serat dari sayur dan buah-buahan serta konsumsi air putih dalam jumlah cukup. Makanan berserat dikatakan Aviria memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk kebugaran karena menahan udara dan memberikan rasa kenyang.

Saat sahur juga upayakan untuk membatasi makanan yang tinggi garam dan makanan awetan. Sebab makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan intensitas rasa.

“Hindari makanan tinggi natrium/garam dan awetan makanan asupan garam yang terlalu tinggi menjadikan tubuh menarik cairan dari sel dan ini akan menyebabkan dehidrasi,” karena itu.

Ia juga menyarankan untuk menghindari minuman dengan efek diuretik atau memicu buang air kecil seperti teh, kopi, dan minuman bersoda saat sahur. Dengan begitu dapat terhindar dari dehidrasi saat beraktivitas.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini