Hasil Bumi
Upacara Jagat Kerthi, Bupati Mahayastra Beli Berbagai Hasil Bumi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Memaknai nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, Bupati Mahayastra mengajak seluruh jajaran untuk berbelanja hasil pertanian organik dan hasil bumi di Pasar Rakyat Gianyar, Sabtu (5/3/2022) sebagai bentuk perayaan upacara Jagat Kerthi. Didampingi istri dan anak-anak tercinta, Bupati Mahayastra membeli berbagai hasil bumi seperti sayur mayur, daging, berbagai hasil laut, ubi, sarana upakara, dan produk olahan lainnya.

Ada hal menarik saat Bupati Mahayastra berkeliling menjajaki pedagang, ada seorang nenek-nenek yang juga berkeliling menawarkan boreh. “Dak Boreh Bu Bapak,” begitu ucapnya terus diulang. Melihat pedagang lanjut usia tersebut Bupati Mahayastra lantas memborong seluruh dagangannya. Perlu diketahui, boreh merupakan olahan rempah-rempah yang sering digunakan masyarakat Bali sebagai lulur yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

Upacara Jagat Kerthi sendiri merupakan program dari Gubernur Bali untuk memaknai hari suci Tumpek Wayang yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Wayang Tanggal 5 Maret 2022. Dipilihnya Pasar Rakyat Gianyar sebagai lokasi pameran produk pertanian mengingat Pasar Rakyat Gianyar merupakan pasar tradisional termegah yang ada saat ini dimana diharapkan akan menjadi sentra perekonomian masyarakat Gianyar.

Disamping itu, kebanyakan petani Gianyar menjual hasil pertaniannya di Pasar Rakyat Gianyar sehingga dengan dilaksanakannya pameran pertanian organik tersebut akan membantu petani dan pedagang dalam memasarkan dagangannya.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Pasar Rakyat Gianyar memiliki keunikannya tersendiri, dengan tampilan megahnya layaknya mall namun barang dagangan yang dijual di dalamnya masih seperti pasar tradisional pada umumnya. Namun yang membedakan ialah penataan pedagang dan los yang sangat rapi disamping kebersihan pasar yang terjaga dengan baik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News