Bunda Paud
Tingkatkan Layanan Paud Berkualitas, Pemkot Denpasar Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda Paud Kecamatan dan Desa/Lurah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk meningkatkan layanan-layanan  Paud yang berkualitas dan mendorong peningkatan peran Bunda Paud untuk melakukan advokasi ke berbagai pemangku kepentingan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar menggelar Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Bunda Paud Kecamatan dan Desa/Lurah se-Kota di Aula SPNF dari tanggal 21-22 Maret 2022.

Acara ini dibuka secara resmi Bunda Paud Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Istri Wakil Wali Kota Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa Senin (21/3/2022).

Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, Bimbingan Teknis ini juga untuk penguatan kapasitas Bunda Paud Kecamatan dan Desa/Kelurahan agar dapat mengoptimalkan peran Bunda Paud, dalam  memberikan jaminan dan kepastian layanan anak usia dini yang berkualitas. Mengingat Bunda Paud memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan Paud berkualitas dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, mereka agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang cerdas dan sehat.

Dalam menjalankan peran tersebut agar seluruh Bunda Paud dapat membentuk dan memberdayakan Pokja Bunda Paud secara berjenjang.

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

“Melalui Pokja Bunda Paud yang dibentuk tersebut diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Paud berkualitas di seluruh lembaga Paud yang ada,” kata Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Menurutnya, keberadaan Bunda Paud sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada. Selain itu Bunda Paud merupakan sebuah profesi sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat.

Dalam mendorong layanan paud yang berkualitas, Ny. Sagung Antari Jaya Negara berharap Bunda Paud dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat agar penyedia layanan Paud menjadi optimal. Yang paling penting Bunda Paud dapat melibatkan kaum ibu secara aktif mengingat peranannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Pentingnya tanggung jawab moral Bunda Paud yang harus dikerjakan. “Saya harapkan kita dapat bergandengan tangan, saling bahu membahu dan saling mengisi dalam mencapai tujuan mulia ini melalui program kerja yang telah disusun. kita berkeyakinan bahwa kita dapat memberikan kontribusi maksimal kepada Pemerintah Daerah dalam rangka memajukan Paud di Kota Denpasar,” jelasnya.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini mengatakan kegiatan ini  diikuti sebanyak 3 Bunda Paud Kecamatan, 43 Bunda Paud Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar serta 5 anggota Pokja Bunda Paud.

Baca Juga :  Diikuti 38 Peserta, Lomba Ogoh-Ogoh Mini Kasanga Fest Bertabur Kreativitas

Menurutnya ada beberapa materi yang diberikan dalam Bimtek ini yakni apa itu Bunda Paud, siapa itu bunda paud, peran bunda paud serta membuat program kerja tingkat desa/kelurahan. Semua materi diberikan oleh narasumber yang ahli di dalam pendidikan Paud.

“Setelah mengikuti Bimtek ini bisa terjalin koordinasi antara Bunda Paud tingkat kecamatan desa/kelurahan, gugus tugas paud, organisasi perangkat daerah, lintas sektor, organisasi mitra profesi, forum paud dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat Kabupaten/Kota,” jelas Sugiantini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News