Padang Linjong
Sekda Badung Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Puseh Banjar Adat Padang Linjong Canggu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung Manawa Ratna Mapadanan, Mapeselang Madasar Tawur Balik Sumpah Madya di Pura Puseh Banjar Adat Padang Linjong, Desa Adat Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu (19/3/2022).

Turut hadir mendampingi Sekda Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Kadisbud I Gde Eka Sudarwitha, Kepala Pelaksana BPBD, I Wayan Darma, Camat Kuta Utara, I Putu Eka Parmana, Ketua Panitia Karya, I Nengah Rasen, Perbekel Canggu, I Nengah Bana, Bendesa Adat Canggu, I Wayan Sarsana serta tokoh masyarakat lainnya. Karya dipuput langsung oleh Ida Pedanda Istri Mayun Kemenuh dari Griya Sari Sangeh.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa mengikuti persembahyangan bersama dan menyerahkan bantuan sebesar Rp300 juta.  Sebelumnya pada tanggal 17 Maret merupakan puncak karya yang dimulai dari piodalan ngenteg linggih, dilanjutkan paselang dan mapepasaran serta tanggal 28 Maret dilaksanakan Nyegara Gunung.

Dalam sambra wacananya Sekda Badung Adi Arnawa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat setempat karena sudah ngayah dengan tulus ikhlas. Sekda Adi Arnawa berpesan dalam setiap kegiatan keagamaan yang dilakukan di wilayahnya hendaknya dilakukan dengan rasa tulus ikhlas dan semangat gotong royong untuk mensukseskan pelaksanaan upacara tersebut. Dikatakan juga pemerintah pusat sudah memberikan privilege kepada Bali dengan sudah diizinkannya penerbangan internasional dan tidak adanya karantina di Bali.

Baca Juga :  Terkait Program KBS, Sekda Badung Berkoordinasi dengan Kajari Badung

“Untuk penerbangan ke Bali sudah bebas SWAB dan PCR apabila sudah mendapatkan vaksin dosis I, II dan booster. Pemerintah Pusat melihat Bali ini perlu di atensi karena masyarakat yang semakin terpuruk akibat pandemi Covid-19. Bisa kita lihat sudah mulai beberapa wisatawan asing mulai berdatangan ke Bali. Dan bertepatan hari ini dengan Karya Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung Manawa Ratna Mapadanan, Mapeselang Madasar Tawur Balik Sumpah Madya Pura Puseh Banjar Padang Linjong, mudah-mudahan Ida Hyang Widhi Wasa memberikan anugerahnya kepada kita semua agar kondisi cepat normal Kembali,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Karya, I Nengah Sudarsana mengatakan, Karya Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung Manawa Ratna Mapadanan, Mapeselang Madasar Tawur Balik Sumpah Madya Pura Puseh Banjar Padang Linjong dilaksanakan bertepatan dengan purnama kadasa kemarin. Dijelaskan juga bahwa Pemkab Badung sudah memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp 6M untuk pembangunan Pura Puseh Banjar Padang Linjong di tahun 2018. Serta untuk tahun ini diberikan bantuan sebesar Rp300 juta.

Baca Juga :  Sekda Badung Adi Arnawa Tinjau Gedung Kantor Pengadilan Negeri Badung

“Walaupun kita semua tahu bagaimana kondisi keuangan di Kabupaten Badung, akan tetapi Pemkab Badung masih bisa memberikan sumbangan yang sangat besar.

“Saya selaku Ketua Panitia Karya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sekda yang telah berkenan hadir pada saat karya ini dan juga kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang selalu memberikan bantuan dalam pembangunan Pura Puseh ini,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini