Pirolisis Fixed Bed
“Pirolisis Fixed Bed” Hantarkan Rajendra Raih Gelar Doktor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Fakultas Teknik Universitas Udayana Kamis, (24/3/2022) bertempat di Ruang Aula Wiswakarma Universitas Udayana, melaksanakan ujian terbuka (promosi Doktor).

Promovendus atas nama I Made Rajendra dengan judul disertasi Pirolisis Fixed Bed Menggunakan Bed Material Pasir Besi, Mordenit dan ZSM-5 Untuk Konversi Biomassa Bungkil Kemiri Sunan Menjadi Bahan Baku Biodiesel. Promovendus dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr.. I Made Rajendra merupakan lulusan PSDIT yang ke – 40.
Dr. I Made Rajendra dalam paparannya menjelaskan, isu kelangkaan energi fosil saat ini telah menjadi perhatian semua pihak.

Baca Juga :  Rektor Universitas Timor Leste kunjungi Pascasarjana Unud, Bahas Peluang Kerjasama

Pemerintah Indonesia telah mengagendakan program transisi energi dari sumber energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT). Indonesia sebagai negara kaya akan sumber daya alam memiliki ragam sumber EBT berasal dari biomassa salah satunya yang potensial sebagai bahan baku biodiesel adalah kemiri sunan. Proses produksi biodiesel kemiri sunan akan menyisakan limbah berupa ampas atau bungkil kemiri sunan. Limbah bungkil masih dapat diolah menjadi bio-oil melalui teknik pirolisis. Efektifitas pirolisis dipengaruhi oleh parameter temperatur dan penggunaan bed material yang berperan dalam selektivitas produk khususnya pembentukan senyawa hidrokarbon dalam bio-oil. Bed material mutahir seperti ZSM-5 saat ini harganya masih mahal dan belum diproduksi di dalam negeri. Inovasi dalam penelitian ini adalah menerapkan penggunaan pasir besi sebagai bahan alternatif.

“Hasil penelitian menunjukkan minyak pirolisis yang dihasilkan telah memenuhi syarat sebagai bahan baku biodiesel,”papar Rajendra.

Baca Juga :  Seminar Nasional Insan Tani Muda Fakultas Pertanian Universita Udayana 2022

Bertindak selaku pemimpin sidang adalah Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D.. Sementara itu, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, S.T., M.A.Sc., Ph.D., Dr. Ir. I Ketut Gede Wirawan, M.T. dan Ainul Ghurri, S.T., M.T., Ph.D berturut-turut sebagai promotor, kopromotor I dan kopromotor II. Bertindak sebagai penyanggah eksternal adalah Prof. Ir. I Nyoman Gede Wardana, M.Eng., Ph.D (Universitas Brawijaya) dan Prof. Dr. Ir. I Made Rasta, M.Si (Politeknik Negeri Bali). Sementara itu Prof. Ir. Rukmi Sari Hartati, M.T., Ph.D, Prof. I Wayan Widhiada, ST., M.Sc., Ph.D. dan Dr. Eng. Made Sucipta, S.T., M.T. sebagai penyanggah internal. Dr. Ir. I Wayan Bandem Adnyana, M.Erg. Dr. Ir. I Gusti Ngurah Priambadi, M.T., Dr. I Putu Lokantara ST., MT., dan Dr. Wayan Nata Septiadi, S.T., M.T. sebagai undangan akademik. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini