PKK Tabanan
Gencarkan Program AKU HATINYA PKK, Ketua TP PKK Tabanan Lakukan Sosialisasi Melalui Radio. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., sosialisasikan Peran PKK Dalam Dialog Interaktif bertajuk ‘Peran PKK Dalam Memotivasi Aku Hatinya PKK di Masa Pandemi Covid-19’ yang disiarkan langsung di Radio Global Fm Lumajang, Kerambitan, Tabanan, Kamis (31/3/2022)

Dengan didampingi oleh Ketua Bidang 3, Ny Ni Luh Putri Parwathi, Dialog yang dilakukan dengan nuansa kekeluargaan ini berlangsung hangat. Pada kesempatan itu, Ny. Rai Sanjaya sampaikan peran penting dari salah satu program unggulan PKK yaitu ‘Aku Hatinya PKK’ kepada seluruh pendengar Radio Global FM Lumajang, ia juga memaparkan beragam manfaat program yang dapat dipetik selama masa pandemi yang masih berlangsung ini.

Dampak Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi tidak hanya aspek kesehatan, namun juga aspek ekonomi. Hal tersebut menjadi titik bangkit bagi PKK untuk makin menggencarkan pemberdayaan peran serta dari seluruh anggota keluarga, tidak hanya ibu, namun juga ayah dan anak dalam memanfaatkan hal terdekat di dalam rumah, yaitu pekarangan.

Program unggulan PKK yaitu ‘Aku Hatinya PKK’ yang berarti Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Indah Teratur dan Nyaman ini, mengajak jeluarga untuk bersama-sama memanfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin, untuk di tata, baik melalui tata keindahannya melalui tanaman hias, memanfaatan tanaman obat keluarga, atau menanam lumbung hidup berupa umbi-umbian atau talas dan juga tanaman warung hidup seperti sayur-sayuran atau cabai. Di mana halaman yang telah terkelola dengan baik nantinya bisa bermanfaat untuk menjaga ketahanan pangan keluarga.

Baca Juga :  Penilaian Lomba Pelaksana Terbaik PKK Badung oleh Provinsi

Melalui talk show yang berlangsung selama 60 menit tersebut, Ny. Rai Sanjaya juga sampaikan Visi dan Misi PKK secara umum, yakni; tercapainya keluarga pelopor perubahan dalam pemenuhan SDM berkualitas melalui ketahanan ekonomi, revolusi mental, lingkungan hidup dan layanan dasar. Hal tersebut guna mencapai kesejahteraan keluarga.

Sementara untuk Misi PKK secara umum, diharapkan mampu membentuk karakter keluarga dalam meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga, memperkuat ketahanan keluarga, melalui pemenuhan pangan, sanadng, rumah sehat layak huni serta tata laksana rumah tangga.

Baca Juga :  Putri Koster Ajak Warga Tumbuhkan Rasa Peduli Hadapi Pandemi Covid-19

“Program ini terus kita sosialisasikan, kita akan ajak dan rangkul terus keluarga untuk mencapai kesejahteraan. Saya berharap ibu-ibu semua apalagi di masa pandemi ini, untuk bisa membantu pendapatan keluarga dengan cara memanfaatkan pekarangan rumah dan menjalankan program yang bermanfaat ini. Walaupun nanti pandemi berakhir, program ini masih bisa diteruskan untuk menunjang ketahanan pangan keluarga,” ujar Ny. Rai Sanjaya.

Tidak hanya itu, salah satu dari 10 program unggulan lainnya di PKK adalah UP2K yaitu Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga yang masih berkaitan erat dengan program Aku Hatinya PKK. “Peran kami di sini untuk terus mendorong ibu-ibu di rumah tangga untuk meningkatkan hasil-hasil produksi, seperti membuat usaha-usaha kecil di rumah, layaknya kerupuk atau cemilan. Walaupun di rumah tapi tetap berdaya, sehingga bisa menambah penghasilan keluarga, nah di Program Aku Hatinya PKK ini juga bisa dijual hasilnya, tidak hanya dikonsumsi untuk keluarga tapi jika hasilnya berlebih bisa kita jual Kembali,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemprov Bali Gelar Webinar Memaknai dan Mengkontekstualisasi Trisakti Bung Karno

Interaksi online tersebut, juga mendapat tanggapan langsung yang positif dari masyarakat. Kesan dan pesan tersampaikan melalui lini telepon atau daring. Salah satu masyarakat berikan respon dan sampaikan program Aku Hatinya PKK sudah diterapkan dalam rumah tangga, bahkan keterampilan membuat cemilan dan jajanan daerah terus diproduksi untuk digunakan saat upacara keagamaan atau berbagai pertemuan.

Terkait dengan kiat-kiat yang dilakukan untuk kesejahteraan keluarga, Ny. Rai Sanjaya himbau ibu-ibu untuk terus menjadi garda terdepan di keluarga. “Jika 10 Program Pokok PKK sudah kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan serius, otomatis hasilnya akan bisa kita rasakan langsung. Selama pandemi ini saya juga berpesan agar kita dapat terus menjaga protokol kesehatan dan tekan angka kenaikan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi,” pesannya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini