Libera Merdeka Chromebook
Kementerian Perindustrian RI Luncurkan Chromebook 4G LTE Produksi Pertama Karya Anak Bangsa. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian terus berupaya mengoptimalkan potensi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), khususnya disektor industri elektronika pada produk-produk laptop buatan anak bangsa, yang ke depannya akan dimaksimalkan produksinya agar mampu menguasai pasar dalam negeri.

Terkait hal tersebut, Menteri Perindustrian (Menprin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam pidatonya di acara Peluncuran Chromebook 4G LTE di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (24/3/2022) kemarin mengatakan, untuk mencapai program substitusi impor 35% tersebut, kunci utamanya antara lain adalah membentuk ekosistem industri laptop melalui peningkatan demand di dalam negeri.

Baca Juga :  Pertamina Mandalika International Circuit Jadi Magnet Pariwisata Olahraga, Baru Setahun Sudah 200 Hari Terpesan untuk Gelaran Event Otomotif

“Guna meningkatkan daya saing laptop produksi dalam negeri agar bisa bersaing dari gempuran produk impor, kami telah membangun kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait di antaranya PT. Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada dan PT. Libera Technologies Indonesia untuk membangun sebuah ekosistem yang dinamakan Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET),” jelas Agus Gumiwang.

Selanjutnya, Menprin Agus Gumiwang juga menambahkan bawah pihaknya bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah berkomitmen, bahwa setiap produk yang dihasilkan di dalam negeri yang sudah memiliki nilai TKDN diatas 40% maka produk-produk serupa yang berasal dari impor wajib hukumnya untuk di take down.

Baca Juga :  BRI Regional Office Denpasar Bagikan Ribuan Sembako kepada Masyarakat Sekitar

“Sehingga di masa depan akan tercipta Intellectual Property (IP) milik anak-anak bangsa, yaitu IP Indonesia dan dapat digunakan bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri,” tegasnya.

Libera Merdeka Chromebook
Libera Merdeka Chromebook. Sumber Foto : tis/bpn

Di samping itu, Menperin akan berupaya mewujudkan Indonesia mampu memproduksi semikonduktor untuk memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri. Sebab, semikonduktor banyak digunakan sektor elektronika dan otomotif.

“Kami mengajak para pelaku usaha untuk duduk bareng membuat roadmap dalam upaya memproduksi semikonduktor untuk kemandirian industri di dalam negeri,” tutupnya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News