Baturiti
Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Mulang Dasar di Pura Dalem Desa Adat Batunya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bertepatan dengan hari Purnama Sasih Kedasa, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menghadiri upacara peletakan batu pertama serangkaian pemugaran bangunan Pura Dalem Desa Adat Batunya, Kecamatan Baturiti Tabanan, Kamis (17/3/2022).

Dalam upacara yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Nabe Dharmaya Purusa Prama Daksa dari Griya Agung Giri Natha Br. Gaduh Kaba-Kaba Kediri Tabanan tersebut, secara pribadi Bupati Giri Prasta ngaturan punia sebesar Rp25 juta yang di saksikan langsung oleh krama desa adat setempat.

Turut hadir Anggota DPR RI, IGN Alit Kelakan, Anggota DPRD Provinsi Bali, Made Suparta, Anggota DPRD Tabanan, Wayan Wiryadana dan I Nyoman Suta, Camat Baturiti, Sayu Made Parwati, Perbekel Desa Adat Batunya, I Made Riasa, Bendesa Adat Batunya, I Made Samba beserta undangan lainnya.

Bupati Giri Prasta berharap melalui pelaksanaan upacara ini, Ida Hyang Widhi Wasa akan memberikan jalan dan anugrah yang baik bagi semua warga masyarakat Desa Adat Batunya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Pitra Yadnya Ring Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung Penebel

Disamping itu Bupati Giri Prasta juga merasa bangga dan bahagia karena sudah diberikan kehormatan untuk turut serta ngayah mendem dasar serangkaian pemugaran Pura Dalem setempat. Pihaknya juga memberikan apresiasi yang tinggi atas semangat gotong royong dan rasa bakti masyarakat Batunya dalam memperbaiki bangunan Pura Dalem terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Saya merasa bangga karena masyarakat Batunya berani melakukan urunan dana untuk memperbaiki bangunan Pura Dalem di masa pandemi seperti saat ini, selaku umat sedharma sudah pasti saya akan berusaha ikut serta dalam usaha pelestarian adat agama seni tradisi dan budaya. Karena saya sudah menyadari waktu masyarakat kita banyak dihabiskan dalam kegiatan adat begitu juga banyak menghabiskan dana untuk kegiatan agama. untuk saya minta kepada Krama Desa Adat Batunya untuk selalu bersatu sehingga semua rencana bisa dicapai sesuai harapan,” ujarnya.

Baca Juga :  Posko Terpadu Idul Fitri 1445 H Resmi Berakhir, Bandara I Gusti Ngurah Rai layani 1.059.069 Penumpang

Selanjutnya Bupati Giri Prasta juga berpesan kepada masyarakat Batunya, disaat pelaksanaan pembangunan Pura Dalem Batunya dilaksanakan, masyarakat setempat diminta agar selalu memperhatikan penataan area Tri Mandala (Area Utama Mandala, Area Madya Mandala Dan Area Soring Mandala).

“Dan apabila proses pembangunan pura ini sudah rampung semuanya, berdasarkan lontar yang ada, areal tempat suci selayaknya ditanami dengan pohon seperti sandat,cempaka maupun jempiring, sehingga nanti bunganya bisa digunakan untuk sarana sembahyang dan banten. Sekaligus sebagai wujud pelestarian alam, supaya alam dan semesta selalu menyayangi dan memberkahi kita semua,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkab Badung Gelar Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Tingkatkan Kapasitas SDM

Sementara itu Bendesa Adat Batunya, I Made Samba melaporkan pelaksanaan pemugaran bangunan Pura Dalem Desa Adat Batunya diawali dengan nuntun Ida Betara, yang telah dilaksanakan pada hari Buda Kliwon Ugu, tanggal 23 Pebruari 2022. Yang kemudian dilanjutkan dengan upacara nasarin yang dilaksanakan pada hari Kamis Pahing Purnama Kedasa, tanggal 17 maret 2022.

“Mewakili Krama Desa Adat Batunya kami menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan dukungan Bapak Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam pelaksanaan upacara Mendem dasar pada hari ini, dimana secara pribadi tadi beliau juga turut ngaturang punia yang disaksikan langsung oleh Krama Desa Adat Batunya,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News