Water
Universitas Udayana bersama Yamaguchi University Gelar Simposium Internasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Yamaguchi University bekerja sama dengan Universitas Udayana selenggarakan Simposium Internasional dengan tema ‘Basic Knowledge of Water Quality and Wastewater Treatment for Conservation of Water Environment in Bali’ yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (7/2/2022).

Pelaksanaan simposium ini merupakan implementasi kerjasama antara Yamaguchi University Jepang dan Universitas Udayana Bali.

Hadir sebagai narasumber dari Universitas di Indonesia dan Jepang yaitu Drs. Herry Hamdani (KLHK, Jakarta), Prof. Tsuyoshi IMAI (Yamaguchi University), Prof. Wayan Budiarsa Suyasa (Unud), Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng (Unud), Mr. Kurihara Kazumi dan Mr. Akhmad Riva’i (PT. Earth Creative).

Rektor Universitas Udayana Prof. I Nyoman Gde Antara yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa lingkungan perairan sangat penting bagi negara maritim seperti Indonesia. Pesatnya perkembangan ekonomi yang mengiringi hal ini tidak terlepas dari beban lingkungan, dan ini menjadi masalah besar di Indonesia.  Laporan IPCC (2021) tahun lalu memperjelas bahwa perubahan iklim disebabkan oleh faktor manusia.  Harapan kedepannya, umat manusia harus mempertimbangkan Sustainable Development Goal (SDGs). Beliau juga menyampaikan bahwa sebelum masalah Corona, pulau Bali dikunjungi oleh 4 juta wisatawan per tahun. Pariwisata, lingkungan, dan budaya sangat penting dan semuanya saling terkait di Pulau Bali.

Baca Juga :  Unud Gelar Kick Off Akreditasi Internasional FIBAA Untuk Prodi Sosio-Humaniora

“Saya berharap simposium ini dapat memberikan kontribusi bagi pemahaman dan perkembangan lingkungan perairan yang lebih baik di Indonesia dan Bali,” ucap Prof.Antara.

Mr. Karashima Hiroyasu (MOEJ) dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang sangat baik dari semua kalangan akademik yang dapat dilihat dari antusiasme peserta dan narasumber yang mengikuti acara melalui Zoom meeting baik dari Jepang maupun Indonesia.

“Harapannya kepada peserta semoga semangat dalam mengikuti acara ini dan mendapat pengetahuan dari para narasumber,” harap Mr. Karashima Hiroyasu. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini