Rektor Jampel
Undiksha Siapkan Kuota 4000-an Mahasiswa Baru, Tawarkan Biaya Pendidikan yang Merakyat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja, siap menerima mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Perguruan tinggi terbesar di Bali Utara ini menyiapkan kuota lebih dari 4 ribu orang yang tersebar di puluhan program studi.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., mengatakan jumlah kuota tahun ini lebih besar dari pada sebelumnya. Hal tersebut salah satunya karena adanya penambahan program studi baru yang prospektif atau sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

“Terdapat tiga jalur penerimaan yang dibuka, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), dan Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri (SMBJM),” kata Prof. Jampel, Rabu (16/2/2022).

Penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN, kata Prof. Jampel, pendaftarannya dibuka mulai dari 14-28 Pebruari 2022. “Kuota jalur ini sebanyak 30 persen dari kuota keseluruhan. Untuk UTBK–SBMPTN, pendaftaran dibuka pada 25 Maret–15 April 2022 dengan kuota sebanyak 40 persen dari kuota total,” ujar Rektor Undiksha.

Baca Juga :  Wakil Rektor III Undiksha Buka Suara Soal Larangan Ikut Organisasi Luar Kampus

Lebih lanjut, Prof. Jampel menjelaskan, untuk SMBJM, terdiri atas dua jenis, yaitu SMBJM Minat Bakat yang dikhususkan bagi pelamar Diploma III. Pendaftaran dibuka mulai dari 21 Pebruari-16 April 2022. Kemudian pada 4 Mei–24 Juni 2022, dilanjutkan penerimaan melalui SMBJM – CBT untuk jenjang Diploma III dan Sarjana.

Sejak tahun 2019, Undiksha sudah menyandang status akreditasi unggul. Selain itu, banyak prestasi yang telah di raih oleh mahasiswa, baik dalam kompetisi nasional maupun internasional. Pada tahun 2021, Undiksha juga berhasil meraih peringkat ke-13 nasional dalam Sistem Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa), peringkat ke-13 untuk capaian Indikator Kinerja Utama dan masuk Masuk 20 Universitas Terbaik Indonesia versi Scimago Institution Ranking.

Baca Juga :  WR III Undiksha Larang Mahasiswa Ikut Organisasi di Luar Kampus, Ketua PD KMHDI Bali Angkat Suara

Lebih lanjut, Rektor Jampel mengatakan Undiksha komitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing. Hal tersebut telah didukung dengan tenaga pendidik dosen yang kompeten dan sarana prasarana yang memadai.

“Sebagai lembaga pendidikan yang berperan mewujudkan SDM unggul, Undiksha juga menawarkan biaya pendidikan yang merakyat, baik Uang Kuliah Tunggal (UKT) maupun Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) untuk jalur mandiri,” ucap Rektor Jampel.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Rektor Jampel mengajak para lulusan SMA/SMK/sederajat untuk menempuh pendidikan di Undiksha.

Baca Juga :  Unud Gelar Konferensi Pers, Gandeng Media Sosialisasikan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022

Undiksha saat ini memiliki delapan fakultas, yaitu Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, dan yang terbaru alah Fakultas Kedokteran. Bidang studi yang ditawarkan tidak hanya menawarkan bidang kependidikan, tetapi juga non kependidikan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini