Subak
Sekda Adi Arnawa Kunjungi Subak Selasih Desa Sedang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Badung, I Wayan Adi Arnawa, Minggu (20/2/2022) mengunjungi Subak Selasih, Munduk Kauripan, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal. Kedatangan Sekda yang didampingi Perbekel Desa Sedang, I Gede Budiyoga terkait sejumlah permasalahan yang sempat disampaikan pekaseh dan pangliman Subak Selasih.

Di lokasi, Sekda Adi Arnawa diajak meninjau saluran irigasi oleh Pekaseh Subak Selasih, I Wayan Suta dan Pangliman I Ketut Arya Antara Jaya, serta sejumah krama subak. Dalam penyampaiannya, Pekaseh Wayan Suta mengatakan saluran irigasi Subak Selasih mengairi lahan pertanian seluas sekitar 36 hektar.

Baca Juga :  Sasar 1.822 Orang, Badung Mulai Vaksinasi Ibu Hamil

Kondisi saluran irigasi saat ini, lanjut dia, perlu perbaikan agar aliran air lebih maksimal ke lahan pertanian milik petani. Selain masalah saluran irigasi, juga disampaikan mengenai usulan jalan usaha tani (JUT), perbaikan priyangan atau pura subak serta permohonan dana aci.

Sementara itu, Sekda Adi Arnawa menjelaskan usulan dari Subak Selasih ini sebenarnya disampaikan kepada Bapak Bupati dan pihaknya diminta untuk turun ke lapangan.

“Kita mengecek langsung kondisi di lapangan apakah memang benar sesuai dengan yang disampaikan oleh pekaseh sebelumnya,” ujarnya.

Dari hasil pemantauannya, Adi Arnawa mengatakan, memang usulan dari krama Subak Selasih patut menjadi perhatian dan prioritas pemerintah.

Baca Juga :  Pemkab Badung Sosialisasikan Penggunaan Kain Tenun Endek

“Misalkan soal saluran irigasi memang perlu ditingkatkan karena akan sangat berpengaruh pada produktivitas lahan pertanian. Termasuk realisasi JUT, untuk mempermudah transportasi, dan pengangkutan hasil produksi,”terangnya.

Usulan dan aspirasi dari Krama Subak Selasih ini kata dia, akan segera dikaji oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Astungkara usulan krama subak ini akan menjadi salah satu prioritas kegiatan yang direalisasikan pada tahun anggaran selanjutnya,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini