Seni Bangli
Peluncuran Pentas Kreasi Seni oleh Bupati Sedana Arta, Disambut Antusias Masyarakat Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dalam upaya untuk mendukung kreativitas generasi muda dalam berkarya, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, secara resmi melakukan peluncuran Pentas Kreasi Seni. Bertempat di Alun-alun Kota Bangli, pada Senin (31/1/2022) kemarin, kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bangli tersebut disambut antusias oleh warga masyarakat sekitar.

Disela-sela kegiatannya tersebut, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta menjelaskan, Pentas Kreasi Budaya yang digagas oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangli ini, merupakan upaya yang tepat untuk mewadahi kreativitas generasi muda dalam menyalurkan ide dan gagasan mereka. Terutama untuk dunia pendidikan, inovasi, kreativitas, seni budaya dan olahraga.

Namun, untuk memaksimalkan hal tersebut, dirinya mengaskan bahwa harus ada upaya pembinaan generasi muda yang dilakukan secara sungguh sungguh dan berkesinambungan, melalui berbagai aktivitas yang mampu mengembangkan sikap dan jati diri, yang sanggup melahirkan generasi muda lebih berpotensi kedepan dalam hal Pembangunan Daerah.

”Saya berharap alun-alun ini dapat menjadi pusat pengembangan kreasi dan kreativitas baru bagi masyarakat berbagai umur khususnya para generasi milenial. Saya menyadari, bahwa untuk mewujudkan pembinaan generasi muda memang butuh proses. Akan tetapi dengan semangat yang tinggi dan didasari kolaborasi yang apik mulai dari sekolah, organisasi pemuda, perguruan tinggi, hingga dukungan dari masyarakat. Niscaya akan tercipta generasi muda yang memiliki fisik dan mental yang kuat, tangguh, sehat, cerdas dan trampil. Serta memiliki daya kreasi seni dan budaya yang tinggi,” jelas Sang Nyoman.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Serahkan Rapor OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli

Lebih lanjut, Bupati Bangli menyampaikan, karena pendidikan dan pembinaan adalah gerbang menuju Indonesia emas, untuk itu, ia berharap dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bangli harus mampu mengelaborasi potensi sumber daya manusia sehingga mampu berperan maksimal pada pembangunan bangsa.

“Dan atas nama Pemerintah Daerah serta seluruh masyarakat Bangli beserta jajaran, mendukung penuh terselenggaranya pelaksanaan kegiatan Pentas Kreasi Budaya Dikpora Bangli Era Baru, yang dimulai per tanggal 31 januari sampai dengan 31 desember 2022 mendatang,” paparnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Kabupaten Bangli, Komang Pariartha menambahkan, adapun tujuan dari Pentas Kreasi ini adalah untuk memberikan peluang dan kesempatan bagi lembaga pendidikan, untuk dapat menampilkan prestasi dan kreasi yang dapat ditonton oleh masyarakat umum yang datang sembari menikmati suasana sore di Alun-alun Kota Bangli, dimana tempat ini dijadikan sebagai tempat rekreasi panorama dengan alam yang terbuka.

“Disamping itu pentas kreasi seni ini diharapkan dapat berdampak positif bagi sekolah dan peserta didik, agar mampu mengembangkan bakat dan minat yang ditumbuhkan seperti pengembangan sekolah sebagai lembaga pusat pendidikan untuk berinovasi, pengembangan kreativitas seni dan budaya, pengembangan intelektual, menampilkan bakat, minat dan kemampuan pada diri, serta kemampuan berinovasi dan pengembangan diri,” tambahnya.

Sedangkan untuk kelanjutan dari kegiatan ini, pihaknya telah menjadwalkan seluruh sekolah di Kabupaten Bangli dari jenjang PAUD, SD, SMP yang berjumlah 205 sekolah, secara tidak langsung akan mengisi acara Pentas Kreasi Pendidikan Pemuda dan olahraga ini selama 1 tahun kedepan. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News