Udayana Integrated Student Dormitory
Jawab Keresahan Calon Mahasiswa Baru, Rektor Unud Siapkan Udayana Integrated Student Dormitory. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berawal dari keresahan para calon mahasiswa baru saat akan memulai perkuliahan di kampus Universitas Udayana (Unud) yang berlokasi di Jimbaran, utamanya mengenai persoalan tempat tinggal, dan juga dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan bagi mahasiswa Unud, maka pihak Unud akan segera merealisasikan pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory.

Pembangunan ini merupakan mimpi besar dari Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU beserta jajarannya dengan tujuan dapat memfasilitasi mahasiswa baru dalam memperoleh lingkungan tempat tinggal yang terjangkau, bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk kelancaran dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Udayana Integrated Student Dormitory merupakan asrama mahasiswa yang dilengkapi berbagai sarana penunjang sebagai fasilitas pendukung kawasan kampus terpadu Unud di wilayah Jimbaran. Udayana Integrated Student Dormitory siap dibangun di atas lahan seluas 4,5 ha yang berlokasi di Jl. Raya Kampus UNUD, Bukit Jimbaran Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Provinsi Bali. Adapun pemanfaatan lahan ini dilaksanakan melalui kerjasama pemanfaatan Barang Milik Negara.

“Guna menjamin aspek keamanan dan kenyamanan dalam merealisasikan Udayana Integrated Student Dormitory, pihak Unud juga telah melakukan uji kelayakan/feasibility study pembangunan asrama mahasiswa beserta sarana penunjang sebagai fasilitas pendukung kawasan terpadu Unud pada tahun 2021 yang lalu. Dengan demikian, nantinya tujuan dan fungsi positif dari pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory ini dapat dirasakan oleh publik,”ucap Prof Antara, Snin (21/2/2022).

Baca Juga :  Guru Besar FTP Unud Dipercaya Sebagai Narasumber pada Pendampingan Pembuatan Kurikulum MBKM Universitas Bali Dwipa

Udayana Integrated Student Dormitory akan terbagi dalam 22 tower dengan total kapasitas 6000 tempat tidur dengan klasifikasi single room, split double room, double room, triple room, four- student room, dan suites. Di setiap kamar telah dirancang dan dilengkapi dengan full furniture. Guna menunjang efektivitas kegiatan mahasiswa, selain unit kamar maka Udayana Integrated Student Dormitory juga dilengkapi dengan cafetaria, mini market, ruang serbaguna, ruang bersama, fasilitas olahraga (indoor dan outdoor), dan area parkir.

Prof. Antara beserta jajarannya juga telah mempertimbangkan dengan matang agar pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory tidak memberikan efek negatif terhadap isu kesejahteraan masyarakat sekitar. Rektor Antara menegaskan bahwa keberadaan Udayana Integrated Student Dormitory ini hanya memfasilitasi mahasiswa baru dalam 1 tahun pertama berkuliah di Unud.

Baca Juga :  Aktivitas Mahasiswa Inbound Unud Mulai Minum Kopi Bersama Hingga Belajar Menari

“Setelah 1 tahun berjalan, Udayana Integrated Student Dormitory akan digunakan oleh mahasiswa baru angkatan selanjutnya. Oleh karenanya mahasiswa terdahulu harus mencari tempat tinggal berupa kost-kostan milik masyarakat sekitar,” imbuh rektor.

Groundbreaking Udayana Integrated Student Dormitory dilaksanakan pada tanggal 22 Pebruari 2022 dan dijadwalkan rampung pada tanggal 31 Agustus 2022. Guna menjamin kelancaran pelaksanakan proyek, maka Rektor Unud Prof. Antara beserta jajaran berharap kepada seluruh civitas akademika Universitas Udayana dan juga masyarakat umum, untuk dapat memberikan doa restu dan dukungan moral agar pembangunan asrama Udayana ini berjalan dengan lancar dan sesuai yang direncanakan.

Baca Juga :  Inkubator Bisnis Unud Bersama BRI Gelar Kick-Off Program Deepening Desa Brilian 2022

Semoga Udayana Integrated Student Dormitory senantiasa dapat memberikan manfaat positif bagi para mahasiswa yang tengah menempuh studi di lingkungan Unud dan juga bagi masyarakat Bali dan Indonesia.(unud.ac.id/bpn)

1 KOMENTAR

  1. Saya membaca ini wajib bagi semua mahasiswa baru untuk memilih kamar, bagaimana dengan Mahasiswa yang punya rumah disana?, Haruskah mengeluarkan biaya tambahan hanya untuk pindah tidur,lagian harganya menurut saya tidak sesuai dengan kemampuan sekelas Mahasiswa,Bayar Tempat tinggal untuk 1 orang paling murah 700 ribu/ bulan dengan kapasitas 4 orang/ kamar, atau setara 2,8 juta untuk bayar 1 Kamar/ bulan.saya rasa ini Harga yang sangat mahal bagi sebagian besar Mahasiswa

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini