Dosen Muda
Hebat! Dosen Muda FKP Udayana Menjadi Finalis Penerima Penghargaan dari Kerajaan Inggris. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tanpa henti-hentinya dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana mengukir prestasi di tingkat internasional. Kali ini Ida Bagus Mandhara Brasika, salah satu dosen termuda di FKP terpilih sebagai finalis dalam UK Alumni Award 2021-2022.

Sebuah ajang penghargaan bergengsi yang dilakukan setiap tahunnya oleh United Kingdom atau Kerajaan Inggris. Award ini sendiri secara khusus diberikan kepada orang-orang di seluruh dunia yang pernah menempuh pendidikan di Britania Raya dan memberikan dampak signifikan setelah menyelesaikan studinya di Inggris.

Baca Juga :  DTIK Fest 2024: Perpaduan Edukasi Digital, Kreativitas UMKM, dan Hiburan

Pria yang akrab disapa dengan Gus Nara ini sendiri masuk kedalam kategori Science and Sustainability Award bersama 2 finalist lainnya. Terpilihnya Gus Nara sendiri tidak terlepas dari inovasi yang dikembangkannya selama bertahun-tahun dalam membentuk bank sampah digital terbesar di Indonesia bernama Griya Luhu. Hal ini dikerjakannya setelah menyelesaikan kuliah S2 bidang Environmental Technology di Imperial College London, Inggris. Saat ini Griya Luhu telah menggembangkan mobile apps yang digunakan di lebih dari 400 unit bank sampah di seluruh Indonesia.

“Angka yang terbilang fantastis karena dapat menumbuhkan perekonomian dalam situasi pandemic sembari menyelesaikan permasalahan sampah secara signifikan,” ucap Gus Nara pada Senin (31/1/2022).

Baca Juga :  Komunitas Honda Stylo 160 Resmi Terbentuk, Siap Gabung di HCB

UK Alumni Award sendiri merupakan sebuah award yang sangat kompetitif, hal ini merujuk tingginya jumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah disana dibandingkan negara-negara lain di dunia. Bahkan selalu masuk top 3 tujuan kuliah International bagi mahasiswa Indonesia. Hal ini tentu saja disebabkan kualitas pendidikannya yang diisi deretan kampus-kampus top dunia seperti Oxford University, Cambridge University dan Imperial College London yang kerap masuk deretan 10 kampus terbaik dunia.

Sehingga wajar proses penjurian dalam ajang ini sangatlah ketat. Saat ini UK Alumni Award 2021-2022 sudah masuk kedalam tahapan akhir dimana pada tanggal 11 Pebruari nanti akan diumumkan peraih penghargaan yang nantinya akan bersaing di tingkat global. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News