RUmpon
Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, Desa Tejakula Kembangkan Rumpon. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Kabupaten Buleleng merupakan daerah yang memiliki luas pantai terpanjang di Bali dan juga geografisnya nyegara gunung. Kondisi sumberdaya alam ini tentunya menjadikan Buleleng memiliki beragam potensi.

Salah satunya di pesisir pantai Desa Tejakula, dimana perbekelnya memanfaatkan sumberdaya alam tersebut demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Perbekel Tejakula, Gede Diarsa saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/2/2022) menyampaikan, dengan mempunyai pantai yang cukup luas, Desa Tejakula saat ini sudah mengembangkan salah satu jenis alat bantu penangkap ikan yang dipasang di laut atau biasa di kenal dengan rumpon.

“Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Kita tahun lalu sudah bantu 2 jenis rumpon kepada kelompok nelayan Segara Mekar. Rumpon itu yakni rumpon penangkap ikan dan rumpon dasar,” ucapnya.

Baca Juga :  Ratusan Pelajar di Buleleng Ikuti Pelatihan Menulis Lontar

Ditambahkan, adanya rumpon ini, diharapkan dapat membantu nelayan untuk membantu dalam menangkap ikan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, Perbekel Diarsa mengatakan selain rumpon, terdapat pula beberapa potensi yang sudah dikembangkan di daerah pantai Desa Tejakula yakni: penghasil garam piramid, dan potensi terumbu karang. Selain itu, Desa Tejakula juga mempunyai wisata tracking.

RUmpon
Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, Desa Tejakula Kembangkan Rumpon. Sumber Foto : Istimewa

Tidak hanya itu, dari cagar budaya, di Desa Tejakula memiliki cagar budaya permandian kuda dan wayang wong yang sudah dikenal sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Disamping itu, Desa Tejakula juga mempunyai tradisi yang unik, yakni upacara Dansil yang dilakukan setiap 10 tahun sekali dan termasuk mejarag caru yang diadakan sebelum perayaan nyepi tepatnya disaat pengerupukan.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini