Kompak Unud Sosialisasi Kanker
Peringatan HKD 2022, KOMPAK Unud Sosialisasi Kanker di Dwikura. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Badan Semi Otonom Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (KOMPAK) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati Hari Kanker Sedunia (HKD) 2022 dengan tema ‘Spread te Ribbon of Love, Embrace Each Other’. Road to School (RTS) merupakan salah satu rangkaian Hari Kanker Sedunia yang dilaksanakan pada Sabtu (8/1/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian pertama sekaligus kegiatan pembuka HKD 2022 yang dilaksanakan secara offline dan bertempat di SMP Negeri 2 Kuta Utara (Dwikura). Acara ini berfokus pada sosialisasi kanker kepada suatu kelompok umur dimana dalam hal ini merupakan anak-anak kalangan SMP (remaja).

Baca Juga :  Perluas Sebaran Informasi, Unud Gandeng AMSI dan SMSI

Kegiatan ini diisi oleh Anggota Muda (AM) yang bertugas sebagai edukator dan para AM ini telah melewati seleksi serta monitoring untuk dapat memberikan edukasi yang tepat dan baik kepada target.

Acara RTS ini dihadiri sekaligus dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Prof. dr. I Made Ady Wirawan, S.Ked., MPH., Ph.D., yang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama antara pihak KOMPAK dengan SMP Negeri 2 Kuta Utara dalam menyebarkan informasi terkait kanker.

Kanker menjadi salah satu penyakit dengan risiko kematian yang tinggi. Siswa siswi SMP merupakan target intervensi yang baik dalam mencegah jenis kanker yang sering terjadi di Indonesia, misalnya kanker paru yang erat kaitannya dengan merokok.

Baca Juga :  Terpantau dari CCTV Cyberschool Disdikpora Kota Denpasar, Tiga Sekolah di Denpasar Tergenang Air

“Dimana usia remaja (SMP) merupakan usia yang rentan dalam mengeksplor diri sehingga jika tidak dibekali dengan pengetahuan yang cukup maka bukan tidak mungkin mereka justru mencoba hal-hal yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti merokok,” terangnya.

Turut hadir dalam acara ini Kepala SMP Negeri 2 Kuta Utara, Ketua KOMPAK, Ketua Panitia, dan peserta RTS. Acara ditutup dengan pemberian hadiah, merchandise dan pemberian kenang-kenangan kepada pihak sekolah. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here