Pengabdian Masyarakat
Pengabdian Tulus kepada Masyarakat, Mahasiswa FP Unud Gelar Abhinaya Bhakti Diwangkara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Mahasiswa Fakultas Pertanian Unud mengadakan kegiatan Agricamp di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, pada Minggu (16/1/2022).

Kegiatan ini merupakan program kerja BEM Fakultas Pertanian 2021 dengan mengusung tema ‘Abhinaya Bhakti Diwangkara’ yang kurang lebih berarti sebuah semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas dalam memberikan kebermanfaatan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ditujukan terutama untuk membantu masyarakat di sekitar Desa Candikuning, memecahkan masalah di bidang lingkungan serta pendidikan.

Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Pertanian Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM, mengatakan banyak permasalahan yang dapat ditemukan pada bidang ini seperti sampah, pencemaran air, tanah, dan udara.

“Pada sektor pertanian, permasalahan yang sering terjadi adalah pencemaran tanah diakibatkan pemakaian bahan-bahan kimia oleh petani pada saat melakukan usahatani, serta terganggunya fungsi irigasi dikarenakan adanya sampah yang menghambat sistem irigasi tersebut,” ujar I Nyoman Gede Ustriyana.

162 mahasiswa FP yang mengikuti kegiatan ini terbagi menjadi 10 kelompok kerja. Pada hari pertama, melakukan kegiatan membantu murid-murid SD untuk belajar Bahasa Inggris, membuat kebun sekolah, serta mengenalkan pengelolaan sampah di sekitar sekolah. Pada hari kedua mereka berbaur dengan petani di Desa Candikuning ikut merasakan kegiatan bertani seperti mengolah tanah dengan traktor, menyiangi gulma, belajar bersama-sama membuat kompos dari sampah-sampah organik yang ada disekitar kebun. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan ini selanjutnya dilaporkan melalui presentasi masing-masing kelompok dan didiskusikan bersama seluruh peserta.

Baca Juga :  Banjar Creative Space, Cara Pertamina Berdayakan Masyarakat Adat Bali

Agricamp 2022 yang diikuti dengan semangat oleh mahasiswa FP dilepas oleh Dekan Fakultas Pertanian Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM., di Kampus Unud Denpasar, dan ditutup oleh Sekretaris Desa Candikuning, I Nengah Mudita. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini