Hutan
Kolaborasi Unud dan Camat Kutsel, Manfaatkan Hutan Kampus sebagai Taman Bumi Banten. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Rektor Unud menerima audiensi Camat Kuta Selatan bertempat di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (19/1/2022).

Audiensi ini terkait dengan pemanfaatan bersama Hutan Kampus Universitas Udayana sebagai Taman Bumi Banten Kecamatan Kuta Selatan.

Camat Kuta Selatan, Dr. I Ketut Gede Arta, AP., SH., M.Si, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa selama ini sudah ada mahasiswa Unud melakukan pengabdian di Kecamatan Kuta Selatan, serta ada aplikasi yang dibangun dengan dibantu oleh Tim dari Unud. Terkait dengan rencana pemanfaatan bersama Hutan Kampus sebagai Taman Bumi Banten, pihaknya sudah pernah melaporkan dan berdiskusi dengan Bupati Badung.

Dalam kesempatan tersebut Bupati minta agar dilakukan komunikasi dengan pihak Unud apakah lahan bisa dimanfaatkan bersama untuk Taman Bumi Banten melalui penanaman tanaman langka untuk upakara di sekitar area bendungan dan juga akan melepas liarkan hewan langka namun sebelumnya dipagar dulu sehingga juga bisa menjadi tempat konservasi.

Baca Juga :  Fakultas Kelautan & Perikanan UNUD Gandeng PC KMHDI Badung Sosialisasikan Bahaya Sampah

Selain itu, Camat mengharapkan dukungan dalam bidang IT, dimana pihaknya sedang membangun jaringan sistem terintegrasi untuk pelayanan ke desa dan kelurahan serta pengembangan web untuk digital tourism yang diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Kuta Selatan.

“Melalui kesempatan tersebut kami juga memberikan apresiasi atas dukungan Unud selama ini dan kedepan diharapkan dukungan keilmuan dalam penguatan SDM, karena tanpa itu tidak bisa berbuat banyak untuk masyarakat,” ucap I Ketut Gede Arta.

Sementara Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara melalui kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Badung atas dukungan yang diberikan kepada Unud.

“Sehubungan dengan Taman Bumi Banten, kami menyampaikan bahwa pihaknya mempunyai pusat studinya. Di Unud sendiri ada kebijakan dimana penelitian yang dilakukan harus berbasis masyarakat sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Prof Antara.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus IDI Cabang Badung Periode 2021-2024

Rektor sangat antusias memanfaatkan aset untuk masyarakat, namun juga harus memperhatikan prosedur kerjasama pemanfaatan aset negara. Rektor mengarahkan agar Camat mencari fakultas yang relevan kemudian membuat PKS untuk mengeksekusinya mengingat juga sudah ada MoU antara Unud dengan Pemkab Badung.

Terkait bidang IT, Rektor mempersilahkan Camat untuk bersurat dan Rektor akan menugaskan SDM yang relevan. Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menginformasikan rencana mengubah tampilan Unud kedepan melalui pembangunan beberapa infrastruktur. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini