Kapolri
Kapolri Hadiri Pungukuhan BANKAMDA dan Peresmian SIPANDUBERADAT di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menghadiri pengukuhan Bankamda dan peresmian Sipanduberadat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (28/1/2022)

Acara ini dihadiri Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, MM., Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., beserta stakeholder lainnya.

SIPANDU BERADAT dibentuk di Desa Adat, di Kecamatan, di Kabupaten/Kota, dan di Provinsi. Komponen SIPANDU BERADAT di Desa Adat meliputi unsur: Pacalang; Pelindungan Masyarakat (Linmas); Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas); dan/atau Pam Swadaya terdiri dari Satuan Pengamanan (Satpam); dan/atau Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda). Komponen SIPANDU BERADAT di Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi beranggotakan unsur-unsur lembaga sesuai tingkatannya.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengapresiasi pembentukan Forum Sipandu Beradat yang merupakan implementasi dari Pergub Bali Nomor 26 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

“Saya sangat mengapresiasi pembentukan forum Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (SIPANDUBERADAT), dengan adanya forum ini dapat mendukung stabilitas kamtibmas, memperkuat upaya pengendalian Covid-19 dan mendukung keberhasilan pelaksanaan berbagai event yang ada di Bali,” tutupnya.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan Preventif dan Preemtif terbatas, komponen SIPANDU BERADAT dapat berkoordinasi dengan unsur-unsur lembaga sesuai tingkatannya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News