Negaroa
Geliatkan Ekonomi Lokal, PKK Gelar Pasar Rakyat di Terminal Negara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Terminal Negara yang baru saja dimanfaatkan sebagai Angkringan Negaroa, menjadi tempat digelarnya Pasar Rakyat, Rabu (12/1/2022).

Acara yang diinisiasi Tim Penggerak PKK Provinsi Bali bersinergi dengan Tim PKK Kabupaten Jembrana dengan menggandeng UKM, IKM, kelompok wanita serta petani se-Jembrana.

Gelaran Pasar rakyat yang dihadiri langsung Ny. Putri Suastini Koster, serta Bupati Jembrana, Wabup Jembrana beserta jajaran Forkopimda Jembrana, dan Ketua Tim Penggerak PKK se-Bali, meyediakan berbagai kebutuhan pokok, makanan tradisional maupun jajanan tradisional. Selain itu, pengunjung juga dapat berbelanja berbagai produk kuliner olahan UKM Jembrana, juga disediakan hasil hasil bumi petani Jembrana dengan harga terjangkau.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan pasar rakyat digelar kali ini, memang berakar dari rakyat dan untuk rakyat. Sementara pelaksanaannya diinisiasi oleh Tim PKK Provinsi Bali (ibu gubernur, red) bekerja sama dengan Tim penggerak PKK Kabupaten.

Baca Juga :  Giliran Ketua MPR RI Kunjungi Stand Kuliner Jembrana 

Tujuannya sebut Tamba, untuk memberikan semangat di tengah suasana pandemi Covid-19 yang memukul perekonomian Bali.

“Dimasa pandemi ini, kita bersinergi dan berkolabrasi memberikan dorongan bagi sector UMKM dan petani yang memiliki   produk unggulan. Kita berikan ruang bagi mereka untuk mestabilkan kembali dampak keterpurukan akibat Pandemi. Sehingga, tantangan ini menjadikannya kita tetap bersemangat, bergairah dan terus bergerak,“ terang Bupati Tamba.

Secara khusus, Tamba juga juga mengatakan kegiatan seperti pasar rakyat, bagian dari ruang untuk mempersiapkan diri bagi petani dan UMKM Jembrana.

Ia ingin petani maupun UMKM Jembrana bersiap menyongsong tahun emas Jembrana pada 2026 dengan produksi maupun produk-produk yang dihasilkan nanti mampu bersaing.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengatakan pasar rakyat ini dilaksanakan dengan cara bersinergi oleh tim PKK provinsi maupun dengan seluruh kabupaten/kota se-Bali. Jadi, ini bentuk sinergitas antara seluruh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se-Bali dan jajaran. Termasuk bersinergi dengan bersama pemerintah daerah.

Baca Juga :  Bupati Tamba Ajak BPD Dorong Percepatan Vaksinasi Masyarakat

“Mengawali 2022 ini kita mesti guyub, sinergitas, jadi satu kekuatan yang baru bersama tim PKK seluruhnya,” ujar Putri Koster.

Lebih lanjut Putri Koster mengatakan, sasaran yang hendak dituju dari gelaran pasar rakyat tentu saja keluarga yang terdampak pandemi. Baik mereka yang berasal dari IKM, UKM termasuk petani. Gelaran pasar rakyat, juga wajib menyapa dan berbagi dengan 100 keluarga.

“Ini wujud kekompakan seluruh tim penggerak PKK se-Bali. Tiap kita hadir di masing-masing kota, kita juga bantu 100 keluarga. Meskipun tidak banyak, tapi ada ajang saling membantu dan memberi,” ujar Putri Koster.

Ia mencontohkan dengan mengajak rombongan PKK se-Bali untuk berbelanja. Baik itu hasil bumi petani, kuliner, dan produk IKM dan UKM. Selanjutnya hasil-hasil itu dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga :  Peringatan Tumpek Uye di Jembrana Dipusatkan di Bendungan Palasari

“Ini sebenarnya kegiatan yang sangat sederhana, kita terima dari petani kita bagikan kepada masyarakat tidak mampu. Harapan kita, di tengah pandemi ini PKK bisa hadir ketengah tengah masyarakat bergandengan tangan dengan seluruh anggota se-Bali maupun pemerintah daerah. Menyapa masyarakat, mengetahui kondisi mereka, sehat atau tengah sakit. Melalui hal kecil ini kegiatan yang lebih besar dapat dilakukan,” ungkapnya.

Selain berbelanja, kegiatan Pasar rakyat diTerminal Negara kali ini juga diisi dengan pemberian bantuan bagi 100 keluarga dari lima kecamatan di Jembrana. Kriterianya adalah mereka tergolong kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Sedangkan stand pasar, berasal dari unsur PKK 5 kecamatan, kelompok tenun, pakis, serta kelompok gabungan dari UMKM kuliner.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here