India
Duta Besar India Siap Fasilitasi Unud Jalin Kerja Sama dengan Universitas di India. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Koordinator KUI dan Jubir Unud menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti yang didampingi Konjen India di Bali bertempat di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Jumat (14/1/2022).

Kunjungan Dubes India ke Unud merupakan kunjungan kedua yang sebelumnya dilaksanakan pada Maret 2021.  Dalam kesempatan ini Dubes menyampaikan bahwa Perdana Menteri India bersedia diundang sebagai guest lecture, begitu juga pihaknya sebagai Dubes juga bersedia menjadi guest lecture di Universitas Udayana.

Baca Juga :  Pascasarjana Universitas Hasanudin Berkunjung ke Fakultas Pariwisata, Bahas Pembukaan Prodi Pascsarjana Pariwisata

Di samping itu Kedutaan Besar India juga siap diundang untuk mengisi Festival Internasional atau kegiatan lainnya yang di gelar Unud, mengingat India sangat dekat dengan Bali yang memiliki banyak kesamaan terutama dalam bidang kebudayaan dan bahasa.

Pemerintah India juga menawarkan berbagai beasiswa dari berbagai ilmu (ekonomi, teknik, management, leadership, dan yang lainnya) untuk generasi muda. Pihaknya mengharapkan lebih banyak lagi mahasiswa dan dosen dari Bali khususnya Unud untuk dapat mengirimkan aplikasi beasiswa. Selain beasiswa S1 juga tersedia beasiswa Doktoral dan Post-Doctoral yang disediakan Pemerintah India.

Baca Juga :  Tiga Kandidat Calon Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana Ikuti Wawancara Akhir

Dubes juga ingin lebih mendekatkan Banaras Hindu University (BHU) di Vanarashi India karena di BHU memiliki banyak fakultas dan program studi yang bisa ditawarkan ke mahasiswa di Unud.

Melalui kesempatan ini Dubes juga menanyakan tentang Kerjasama yang dilaksanakan Universitas Udayana dengan institusi/perguruan tinggi di India, melihat banyak hal yang bisa dilakukan antara India dan Unud seperti exchange student, staff exchange, seminar, guest lecture, dan program lainnya.

“Kegiatan lain yang siap di dukung oleh Pemerintah India adalah penyelenggaraan One Full Day Indian Culture Festival yang berisi performance, food, photo dan exhibition. Disamping itu Dubes juga siap memfasilitasi dan mendukung pertemuan antara Rektor Unud dengan Universitas di India,” terang Manoj Kumar Bharti.

Baca Juga :  Ambyar Team FEB Unud Terbaik 3 Kompetisi Bisnis Tingkat Nasional

Sementara Rektor Unud mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama student exchange, staff exchange dan guest lecture yang ditawarkan Dubes India serta meminta Unit terkait untuk segera menindaklanjutinya.

“Kami berharap berharap saat Dies Natalis nanti bisa ditampilkan performance dari international students salah satunya dari India,” harap Prof Antara. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here