Safety Riding
Cetuskan Generasi #Cari_Aman, Astra Motor Bali Ajak Puluhan Siswa SMKN 1 Amplapura Edukasi Safety Riding. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Memasuki awal tahun 2022, Team Safety Riding Astra Motor Bali, mulai menggelar edukasi safety riding tatap muka dengan tetap menjalankan prokes ketat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (11/2/2022) diikuti 70 siswa dari SMKN 1 Amlapura dengan protokol Kesehatan, dimana saat masuk ke area sekolah dengan scan PeduliLindung, gunakan masker, jaga jarak duduk berjauhan, serta wajib cuci tangan.

Banyak keseruan dalam kegiatan ini yang membuktikan betapa antusiasnya siswa mengikuti acara ini. Dalam edukasi ini, team safety riding yang dipandu oleh Yosepth Klaudius Lisias Dwiyanto, memberikan edukasi dengan cara yang sangat menarik dan interaktif penekanan pentingnya helm, jaket dan masker kemana saja saat naik motor. Walau tinggal di daerah rural, helm wajib digunakan saat berkendara untuk melindungi aset terpenting kita yaitu kepala, juga jaket untuk melindungi badan dari angin dan meminimalisir cidera saat terjatuh, dilengkapi dgn celana panjang, sepatu, sarung tangan, dan masker utk perlindungan maksimal

Baca Juga :  Sambut Hari AIDS Sedunia, GenBI Unwar dan Undiknas Gelar Donor Darah

Dalam pemaparan materi juga disebutkan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni faktor manusia yang mana belum semua pengemudi mengetahui safety riding, kemudian faktor kendaraan nya sendiri yang jarang dilakukan perawatan sehingga performance kurang baik dan yang terakhir adalah faktor lingkungan yang tidak dipungkiri terkadang kita tidak bisa hindari misalnya pengguna jalan lain, cuaca dan kondisi jalan.

Penerapan #Cari _Aman salah satunya adalah paham dengan teknik pengereman kombinasi antara rem depan dan belakang secara bersamaan dan rem depan sedikit lebih kuat daripada rem belakang.

Selain itu teknik menikung pun ada konsep dasarnya yakni gunakan rem untuk mengurangi kecepatan sebelum masuk tikungan, lihat arah yang dituju, kontrol kecepatan, jangan lupa mengabaikan marka jalan karena salah satu tertib berlalulintas adalah dapat mentaati seluruh aturan tanda dan rambu di jalan raya.

Baca Juga :  Lebih Dekat dengan Konsumen, Dealer Honda Heronusa Gelar PCX Fun Ride

Kepala SMKN 1 Amlapura, I Wayan Artana, S.Pd., M.Pd., mengatakan sebagai salah satu binaan dari Astra Motor Bali pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian dan apresiasinya karena telah berkenan untuk berbagi ilmu safety riding yang disampaikan pihak Honda dan kegiatan ini sangat positif serta sangat penting untuk anak didik disekolah ini.

“Semoga dengan edukasi yang diberikan ini merupakan ilmu baru untuk calon generasi #Cari Aman yang bisa diterapkan dengan baik saat mereka di jalan raya dan saat mengendarai motor, siswa kamipun lebih paham dan selalu selamat dijalan raya,” ungkapnya.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi menyebutkan, dengan sudah dilaksanakan belajar tatap muka ini, tentunya semakin mudah untuk menularkan edukasi safety riding ke siswa. Pihaknya berharap dengan kegiatan ini, akan lahir generasi-generasi muda yang dapat menyebarkan virus #Cari Aman untuk dilingkungan sekolah, keluarga maupun di jalan raya.

Baca Juga :  Keseruan Honda Bikers Land, Komunitas Honda Bali Jaga Silaturahmi dan Kekompakan

“Kami tidak akan henti-hentinya untuk mengkampanyekan keselamatan dijalan raya dengan #Cari_Aman, karena kalo bukan dimulai dari kita atau generasi muda, siapa lagi yang akan menjadi contoh yang baik untuk pengendara di jalan raya. Semoga dengan ilmu safety riding ini akan membuat siswa/i semakin percaya diri dan mampu mengelola emosi ketika berada dijalan raya yang sekaligus berbagi pesan keselamatan berkendara, sehingga hal ini dapat menjadi budaya di kalangan siswa,” ujar Iswahyudi.

Sebagai pelopor keselamatan berkendara, Honda memberikan penyebaran informasi edukasi keselamatan berkendara dikalangan siswa secara tatap muka dilakukan sesuai anjuran pemerintah dengan prokes yang ketat. Siswa sebagai agen keselamatan berkendara tentu akan menjadi generasi penggerak untuk mewujudkan budaya berkendara yang baik di masa mendatang melalui kampanye #Cari_Aman bersama generasi muda.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here