Bartender
Budaya Bali Berpadu dengan Mixologi dan Flair Bartending dalam Udayana Tourism Contest. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Fakultas Pariwisata Unud menggelar kegiatan Udayana Tourism Contest, yang dilaksanakan di Ruang BM 3 Kampus Fakultas Pariwisata Denpasar, Jumat (7/1/2022). Sebanyak 13 kontestan dari berbagai sekolah SMK dan Diploma 1 se-Bali tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan Tourism Contest merupakan program kerja tahunan HMPS Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan yang pelaksanaannya dalam dua tahun terakhir sempat ditunda karena Pandemi Covid-19.

Tourism Contest tahun ini mengusung tema ‘Create The Greatest Flairmixo Beverages With Balinese Atmosphere’.

Ketua Panitia, Kadek Yahan Juliartawan mengatakan, melalui tema ini, diharapkan para kontestan mampu meramu minuman yang menunjukkan perpaduan rasa dan nilai kearifan lokal Bali. Oleh karena itu,  suasana yang dibangun dalam Tourism Contest kali ini kental dengan nuansa budaya Bali.  Para kontestan tampil mengenakan busana adat Bali, dan semua bahan dan hasil racikan para kontestan ini mengandung filosofi tertentu.

Baca Juga :  Dorong Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa, Fakultas Pariwisata Unud Gelar Pelantikan Pengurus Ormawa Periode 2022-2023

Bertindak sebagai dewan juri dalam kegiatan ini adalah Ngurah Udayana, Nengah Joly Artawan, S.Tr. Par., dan Ni Nyoman Sri Aryanti, SST. Par., M. Par.

Setelah kontestan memperagakan kemampuan mereka, dewan juri pun akhirnya memutuskan 3 kontestan yang keluar sebagai juara. Ketiganya adalah I Gede Rico Hardiana Widnyana (Juara I), I Putu Yoga Wima Putra (Juara II), dan I Kadek Teguh Surya Setiawan (Juara III).  Mereka berhak mendapatkan piala dan sejumlah hadiah menarik yang telah disediakan oleh panitia.

Dekan Fakultas Pariwisata Unud, Dr. I Wayan Suardana, SST. Par., M.Par yang juga sempat hadir, memberikan secara langsung piagam apresiasi kepada seluruh kontestan.

Baca Juga :  Pakai ID Palsu, Dua Orang Pria Nekat Gasak Modem WiFi, Kini Diamankan Polda Bali

Dihubungi secara terpisah, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. Nyoman Ariana, SST. Par., M.Par., mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

“Saya mengapresiasi kreativitas mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan unggulan di prodi karena bartending itu kan menjadi kompetensi dasar program studi bidang perhotelan,” ungkap Ariana.

“Tadi saya lihat panitia juga sudah menyiapkan semuanya dengan baik, dosen juga mendukung.  Para juri yang dihadirkan juga sudah sesuai dengan bidangnya, dan yang paling penting adalah ada ruang untuk berorganisasi dab berkreatifitas,” tambahnya.

Baca Juga :  Fakultas Pariwisata Unud Sambut Tahun 2022 Bersama Pejabat Dekanat Baru

Ariana berharap ke depannya kegiatan-kegiatan kemahasiswaan akan dievaluasi agar sejalan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan Universitas Udayana.

“Kedepannya, kami akan evaluasi. Ini sangat positif. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan itu harus sinkron dengan Indikator Kinerja Utama yang telah ditetapkan oleh universitas.  Karena muara dari segala kegiatan ini yaitu mahasiswa diharapkan dapat mendorong peringkat Unud ke level yang lebih baik lagi kedepannya,” jelasnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here