bank bjb
(kiri-kanan) Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Dirut bank bjb, Yuddy Relandi. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – bank bjb terus berinovasi guna membantu pemulihan ekonomi di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan kerja sama penyaluran fasilitas pembiayaan tanpa agunan kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (MESRA) di Bali.

Bertempat di samping Pura Melanting Pasar Badung, pada Selasa (18/1/2022) dilaksanakan penandatanganan kerja sama yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Dirut bank bjb, Yuddy Relandi, serta OPD terkait.

Dalam sambutannya, Dirut bank bjb, Yuddy Renaldi mengatakan, bank bjb adalah bank no. 14 terbaik dari 110 bank yang ada di Indonesia. Prestasi lain dari bank bjb adalah digital banking khususnya mobile banking, bank bjb masuk lima besar dengan Mobile Banking terbaik di Indonesia versi Infobank.

“Di era kemajuan teknologi ini, bank bjb berusaha menjawab tantangan digitalisasi di tengah keberagaman masyarakat dengan memberikan dukungan untuk program pengembangan UMKM untuk terciptanya sebuah ekosistem bisnis yang baik serta sebagai upaya mewujudkan UMKM yang maju melalui program besar Masyarakat Ekonomi Sejahtera,” jelas Yuddy Renaldi.

Yuddy Renaldi juga menambahkan, penandatanganan kerja sama ini sejalan dengan komitmen bank bjb untuk terus membangkitkan geliat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi yang terjadi saat ini.

“Sampai saat ini, penyaluran kredit ‘Mesra’ per 31 Desember 2021 sudah mencapai Rp25 miliar,” ucap Yuddy Renaldi.

Baca Juga :  Topeng Patih, Cenderamata dari Wagub Cok Ace untuk KPT Denpasar yang Akhiri Masa Tugas

Dukungan yang diberikan bank bjb terhadap pelaku UMKM ini tidak hanya melalui fasilitas pembiayaan, namun juga melalui penyuluhan dan pendampingan usaha kepada para mitra. Dengan pendampingan yang dilakukan, bank bjb hendak memastikan para pelaku usaha dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya akses permodalan yang telah diperol, hal ini juga akan memberi dampak berkesinambungan bagi para pelaku usaha.

bank bjb
Penandatanganan kerja sama antara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Selasa (18/1/2022). Sumber Foto : tis/bpn

Pada kesempatan itu, Wagub Cok Ace, mengapresiasi rombongan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat beserta bank bjb yang sudah ikut membantu pelaku UMKM di Bali dengan meluncurkan kredit ‘Mesra’ ini.

Baca Juga :  DPRD Bali Gelar Rapar Paripurna Terkait Raperda Penyertaan Modal Daerah

“Terima kasih sudah mau ikut bersama-sama membangun Bali, program ini sudah sejalan dengan visi misi Pemerintah Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” ucap Cok Ace.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan, pihaknya selalu menekankan dimana ada cabang bank bjb, segera lakukan pertolongan-pertolongan dan inovasi.

Kredit ‘Mesra’ kata Ridwan Kamil, memiliki arti Masyrakat Ekonomi Sejahtera, karena harus 100% masyarakat Indonesia memiliki askes terhadap keuangan.

“Istilah kredit ‘Mesra’ ini merupakan gabungan dari sila pertama dan sila sila kelima yang mana kreditnya diatur di rumah ibadah,” ucap Ridwan Kamil.

Baca Juga :  Momentum Bali Era Baru, Pertamina Dituntut Siapkan Program Penggunaan BBM Ramah Lingkungan

Ridwan Kamil menjelaskan, mitra dari kredit ‘Mesra’ ini adalah pengurus tempat ibadah seperti pengurus masjib, pengurus pura, pengurus gereja, pengurus klenteng.

“Bayangkan jika konsep ini masif, warga rajin beribadah, pulang-pulang ada pertolongan ke rumahnya. Maka sejahtera lahir batin,” ujar Ridwan Kamil sambil tersenyum.

Diakhir acara, Ridwan Kamil berpantun ‘Dari pada ke Turki bareng Widya, Mending ke Bali bareng Atalia – Ayo miliki kredit yang tersedia, karena bjb peduli kepada kita’.(tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini