RAT Koperasi
Bangkitkan Semangat UMKM di Masa Pandemi, Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri Gelar RAT Pertamanya. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya untuk membangkitkan semangat UMKM binaan, Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri (PKM) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) pertama. Bertempat di Aula SMAN 3 Denpasar, pada Minggu (30/1/2022), kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota Koperasi PKM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kesempatannya, Ketua Koperasi PKM, Cok Istri Mirah menuturkan, bahwa kegiatan RAT ini merupakan kegiatan tahunan. Dimana pada tahun 2022 ini, pengurus memaparkan secara langsung laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi pemasaran Perempuan Katrisma Mandiri tahun buku 2021. Dalam hal ini, pihaknya juga berharap partisipasi dan antusiasme para anggota semakin besar, dalam upaya untuk membangkitkan Koperasi PKM kearah yang lebih baik kedepannya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Denfest Nyatur Desa ke-14 di Denpasar Timur

“Jadi untuk laporan tahun buku 2021 ini, PKM luar biasa banget. Dimana dalam umur 8 bulan, sudah menghasilkan SHU senilai 6 Jutaan dan dari segi rasio keuangan juga sangat bagus. Dan kita tetap optimis walupun pandemi ini kita akan terus tetap semangat untuk mebangkitkan UMKM melalui pemasaran produknya yang menjadi unggulan dari Koperasi PKM kita,” ungkap Cok Istri.

Selanjutnya, selaku Pembina, I Gede Indra Dewa Putra mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan RAT pertama Koperasi PKM yang digelar. Terlebih dengan melihat potensi yang ada, dirinya mengharapkan Koperasi PKM ini mampu bersaing secara global dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk-produknya secara online.

Baca Juga :  Dukung Penuh Program Provinsi, Rai Wahyuni Sanjaya Gandeng Puluhan Penggiat Kuliner Tabanan di Pameran Bali Bangkit 2022

“Dengan potensi yang ada, saya yakin PKM ini bisa menjadi Koperasi yang besar. Apalagi kita lihat di Indonesia keberadaan Koperasi wanita itu hanya sedikit, bisa dikatakan hanya 9% yang aktif. Dengan usaha di sektor riil, yang memanfaatkan platform digital, bisa menjadi peluang baru bagi PKM untuk dapat bersaing secara global,” ungkap Gede Indra.

Sementara itu, mendukung penuh kegiatan yang berlangsung tersebut. Kepala Dinas Koperasi Provinsi Bali, I Wayan Mardiana menambahkan, tentu pelaksanaan RAT ini menjadi tanggung jawab besar bagi semua Koperasi di Bali. Dirinya juga mengharapakan, di masa pandemi ini Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri bisa tetap terus bertahan, walaupun memang mengalami sedikit penurunan masukan. Dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemerintah Provinsi Bali diharapkan juga akan menjadi dorongan bagi PKM untuk bisa melalui rintangan pandemi global ini dengan baik.

Baca Juga :  Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Kota Denpasar Menyelenggarakan Webinar Tranformasi Digital UMKM Denpasar

“Ini menjadi harapan kami juga, karena ini bulan RAT walaupub dalam suasana pandemi yang menjadi permasalahan utama, kami mewakili Pemprov Bali berharap Koperasi PKM dapat terus menunjukkan eksistensinya dalam mendukung upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali perekonomian Bali melalui sektor UMKM,” tutupnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini