Rektor UGM
Rektor UGM Panut Mulyono Raih Penghargaan Best University Leaders di Obsession Award 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Ir. Panut Mulyono., M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng., meraih penghargaan kategori Best University Leaders dalam acara Obsession Award 2021 yang digelar Obsession Media Group (OMG), Jumat (17/12/2021) di Jakarta.

Penghargaan kategori Best University Leaders ini berikan kepada pimpinan perguruan tinggi yang dianggap telah berkontribusi besar dalam memajukan institusi yang dipimpin dengan berbagai progran inovatif, disamping mengembangkan keilmuan dan manajemen pendidikan yang mumpuni. Selain Panut Mulyono, terdapat tiga rektor lain yang juga meraih penghargaan ini yakni Rektor Universitas Telkom, Adiwijaya, Rektor Universitas Komputer Indonesia, Eddy Soeryanto Soegoto, dan Rektor Universitas Trisakti, Kadarsah Suryadi.

Baca Juga :  UGM dan Universitas Hindu Indonesia Jalin Kerja Sama

Panut bersyukur atas penghargaan yang diraih. Penghargaan tersebut ia persembahkan bagi UGM. Sebab, berbagai capaian UGM merupakan hasil kerja bersama dari seluruh sivitas akademika UGM dan sinergi dengan KAGAMA dan para mitra.

“Penghargaan tersebut menjadi penyemangat dan mendorong saya untuk bekerja lebih baik lagi agar UGM lebih berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta kemanusiaan,” terangnya.

Panut dipilih menerima penghargaan tersebut karena dinilai mampu mempertahankan reputasi UGM sebagai universitas terbaik di Indonesia. Selain itu dalam pemeringkatan perguruan tinggi terbaik versi 4UCU UniRank 2021, UGM kembali menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke-331 dunia. Lalu, dalam pemeringkatan versi QS World University Ranking 2021 dan 2022, UGM juga menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 254 dunia.

Tak hanya itu, UGM dibawah kepemimpinan Panut juga terus berupaya meningkatkan kolaborasi serta inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat termasuk kelompok difabel. Langkah tersebut menjadikan UGM mendapatkan predikat sebagai Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) Indonesia selama tiga tahun terakhir. Selain itu mempertahankan juara umum PIMNAS selama empat tahun berturut sejak 2018 dan menduduki posisi pertama bidang kemahasiswaan SIMKATMAWA selama lima tahun terakhir sejak 2017 lalu.

Baca Juga :  Puasa Mampu Tingkatkan Imunitas

UGM di bawah arahan Panut Mulyono yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia 2021-2022 telah berhasil menjalin kerja sama dengan lebih dari 400 univeritas bereputasi diberbagai belahan dunia.

Ditengah pandemi Covid-19, Panut juga berkomitmen mendorong UGM terus berinovasi, berkreasi, serta mengembangkan sejumlah terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Beberapa inovasi di bidang kesehatan dikembangkan untuk penanggulangan Covid-19 antara lain bilik swab dengan hepa filter, GeNose, ventilator, pemgukur siluhu tubuh dengan pemindai wajah, rapid test RI-GHA dan lainnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini