Peradah Badung
Peradah Badung Gelar Seminar Kepemimpinan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Kabupaten Badung menggelar seminar kepemimpinan di Gedung Sekretariat DPRD Badung, Minggu (26/12/2021) kemarin.

Seminar yang mengambil tema ‘Generasi Tangguh Calon Pemimpin Bangsa’ ini menghadirkan keynote speaker Ketua DPRD Kabupaten Badung, Dr. Drs. I Putu Parwata MK., M.M., dengan dua narasumber Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Sucipta dan Dosen FISIP Universitas Warmadewa, I Putu Eka Mahardika, SIP., MAP.

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata menyampaikan, bagaimana menghidupkan generasi muda sebagai satu kekuatan politik untuk meneruskan tujuan dan cita- cita bangsa, pemerintah daerah khususnya Bali dan Kabupaten Badung, dengan berbagai spesifikasi keahliannya.

“Kekuatan seorang pemimpin adalah bagaimana kita memerankan diri sendiri, memiliki keyakinan dan prinsip yang kuat sehingga bisa menjadi pemimpin yang terampil. Bagaimana kita mengembangkan jati diri, harus ada keyakinan pada diri kita sendiri, bahwa kita mampu menjadi pemimpin,” jelasnya.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua DPK Peradah Indonesia Badung, Ida Bagus Mahendra Sada Prabhawa, S.Ak., mengatakan, kegiatan seminar yang dilaksanakan kali ini di-support oleh Ketua DPRD Kabupaten Badung.

“Dengan adanya kegiatan ini saya sebagai Ketua Peradah Badung berharap ke depannya generasi muda yang ada di Badung, khususnya sekaa teruna bisa menjadi ujung tombak perjuangan bangsa, mampu keluar dari zona nyaman untuk mencari zona-zona yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kita,” ucap Gusde Mahendra, sembari menyatakan kegiatan ini diinisiasi oleh DPK Peradah Kabupaten Badung, DPP Peradah Provinsi Bali, dan DPN Peradah Indonesia.

Baca Juga :  Persiapan Film Baru, Dea Imut Bicara Harmonisasi Bali di ITB STIKOM Bali

Disinggung mengenai kemungkinan kurang bergairahnya Peradah Badung saat ini di dalam melakukan kegiatan-kegiatan, Prabhawa yang juga menjabat Wakil Ketua KNPI Badung ini mengiakan, semenjak pandemi kegiatan kepemudaan di Badung kurang greget. “Untuk mengatasi hal ini kami melakukan pendekatan melalui tokoh-tokoh masyarakat, stakeholder, dan kami kolaborasikan dengan sekaa teruna,” ujarnya.

Kenapa sekaa teruna, imbuh Gusde Mahendra, karena mereka inilah ujung tombak dan akar dari organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Badung.

“Salah satu upaya untuk kembali membangkitkan greget kegiatan kepemudaan kami menggelar seminar hari ini dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang berpotensi hingga bisa menggebrak generasi muda Kabupaten Badung ini untuk menjadi generasi yang hebat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jaya Negara Hadiri Karya Atma Wedana Puri Kawan Jro Kuta

Seminar kepemimpinan yang digelar dihadiri pengurus Sekaa Teruna se-Kecamatan Abiansemal yang secara bertahap ke Sekaa Teruna lainnya di Kabupaten Badung.

Sementara itu, Dosen FISIP Universitas Warmadewa, I Putu Eka Mahardika menyatakan, penting sekali memahami bahwa investasi saat ini salah satunya adalah investasi politik. Pencapaian-pencapaian di bidang politik ini tidak bisa serta merta.

“Kita harus punya mimpi, mimpi kita sebagai generasi yang bisa sebagai penerus tokoh-tokoh yang menjadi panutan saat ini di Badung harus kita lanjutkan dan kita lengkapi. Hendaknya selaku pemimpin menjadi panutan bagi orang yang dipimpinnya, bahkan bisa mengorbankan diri bagi yang dipimpin,” bebernya.

Baca Juga :  KPU Tabanan Gelar Rakor Pemutahiran Data Pemilih

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Sucipta mengungkapkan, ketika punya mimpi maka harus jengah dengan melakukan sesuatu. Ketika ingin menjadi seseorang maka harus berjuang. Jika ingin menjadi seseorang tetapi tidak ada usaha untuk memanfaatkan kesempatan yang ditawarkan, maka mimpi tidak akan menjadi kenyataan tetapi akan menjadi sebatas keinginan saja.

“Kuncinya berani mengambil kesempatan, jangan takut gagal. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah doa dan restu orang tua. Doa dan restu orang tua kita adalah cap dan stempel legalitas kita dalam melakukan aktivitas apapun,” katanya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini