FEB UNUD
Kanaka Team FEB Unud Meraih Peringkat 1 di Kompetisi Bisnis Nasional UnkhaIr. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kanaka Team yang beranggotakan Aprilia Santika, Ratna Pradnyani, dan Ayu Devionita berhasil meraih peringkat pertama di ajang perlombaan National Business Plan Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Ternate.

Walaupun sebelumnya sempat gagal di ajang serupa, tapi tim yang diketuai oleh April pantang menyerah dan memberanikan diri untuk mengirimkan proposal perencanaan bisnis mereka. Dengan saran dan bimbingan dari dosen FEB, Gede Bayu Rahanatha, S.E., M.M., Kanaka Team dapat membenahi kesalahan yang pernah mereka buat pada perlombaan sebelumnya.

Baca Juga :  Bantu Pemulihan Ekonomi, bank bjb Luncurkan Kredit Mesra untuk Masyarakat Bali

Berangkat dari tema lomba ‘Pemberdayaan Potensi Desa dalam Berwirausaha’, Kanaka Team maju dengan ide nature antiseptic berbahan dasar daun cemcem yang merupakan hasil budidaya ikonik berasal dari Desa Penglipuran Bali.

Devio menyebutkan, daun cemcem saat ini hanya digunakan sebagai bahan dasar loloh (jamu) dan bahan masakan, dan belum ada yang membuatnya sebagai anseptik. Maka dari itu mereka menuangkan kegunaan daun cemcem sebagai pembersih luka terbuka dalam proposal tim mereka.

“Ide produk ini melibatkan hasil budidaya daun cemcem oleh warga Desa Penglipuran, yang nantinya produknya pun akan dijual oleh warga Desa Penglipuran. Kami harap produk ini bisa menjadi ikon lain dari Desa Penglipuran suatu saat nanti,” ungkap ketua Kanaka Team, Senin (6/12/2021).

Baca Juga :  Tiga Calon Lolos dalam Seleksi Administrasi Sebagai Calon Biro Kemahasiswaan

Dengan nama produk Cemcem.In, Kanaka Team menjalani dua tahapan kompetisi, yaitu seleksi proposal dan presentasi final. Presentasi dihadapan 5 juri dari berbagai universitas ternama dan berhasil mengalahkan 42 tim dari universitas lain di Indonesia, menjadikan kebanggaan tersendiri bagi ketiga mahasiswi semester lima ini.

Kegagalan yang pernah dialami ternyata tidak mematahkan semangat April, Ratna, dan Devio untuk tetap berjuang. Akhirnya, perjuangan tim dan pembimbingnya berbuah manis. Peringkat pertama berhasil berada di tangan Kanaka Team dan pembimbing, bersanding dengan tim dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sebagai peringkat kedua, dan tim dari Universitas Negeri Manado sebagai peringkat ketiga. Pencapaian ini sekaligus menambah deretan prestasi tingkat nasional yang dimiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here