Tamba Jembrana
Jelang Tutup Tahun, Bupati Tamba Ngaturang Bhakti ke Sejumlah Pura Dang Kahyangan di Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Tinggal beberapa hari saja, tahun 2021 segera berakhir. Namun, momentum di penghujung tahun ini nampaknya dijadikan agenda khusus oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Didampingi Wakil Bupati Jembrana, IGN. Patriana Krisna, Sekda I Made Budiasa serta para asisten dan para pimpinan OPD pada Selasa (28/12/2021), orang nomor satu di Bumi Mekepung ini melakukan sembah bhakti secara maraton ke seluruh Pura Dang Khahyangan yang tersebar di Kabupaten Jembrana, mulai dari Pura Dang Khayangan Indra Kusuma yang ada di Kecamatan Melaya, Pura Dang Khayangan Jati di Kecamatan Negara, Pura Dang Khayangan Mertasari di Kecamatan Jembrana, Pura Dang Kahyangan Gede Perancak di Kecamatan Jembrana serta pura Luhur Dang Khayangan Rambut Siwi yang ada di Kecamatan Mendoyo.

Baca Juga :  Jaga Eksistensi, Bupati Tamba Bantu Pemilik Dokar di Jembrana

Di awali dari Pura Dang Khayangan Indra Kesuma dengan tuntunan Jero Mangku I Made Sukadana, persembahyangan berlangsung lancar dan khidmat.

Disela-sela persembahyan, Bupati I Nengah Tamba mengatakan, persembahyangan yang dilakukannya ini merupakan suatu kebiasaan dalam setiap akhir tahun. Hal itu disebabkan selama setahun perjalanan dalam mengemban tugas-tugas pemerintahan tentu ada kesalahan baik secara skala (nyata) dan niskala.

”Setiap akhir tahun ingin kita jadikan suatu kebiasaan bahwa selama setahun menjalankan tugas-tugas pemerintahan tentu ada kesalahan-kesalahan baik itu kesalahan secara sekala (nyata) dan juga kesalahan secara niskala (tak bisa dirasakan secara nyata),”ujarnya.

Didampingi Wabup IGN. Patriana Krisna, kesalahan di tahun 2021, kata bupati Tamba, kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa dalam segala manifestasinya agar diberikan pengampunan.

Baca Juga :  Bupati Tamba Kagumi Jam Kayu Karya Anak Muda Jembrana

”Sebagai bupati, wakil bupati dan segenap pimpinan di jajaran pemerintahan termasuk semua staf, tentu selama setahun itu ada berbuat  kesalahan baik itu dari pikiran, perkataan dan perbuatan (Tri Kaya Parisudha), sekala dan niskala  agar kesalahan itu dapat diampuni,” terangnya.

Sedangkan dalam  memasuki tahun 2022 yang tinggal sepekan ini, bupati asal Desa Kaliakah juga tidak henti-hentinya memohon agar selalu diberikan anugrah dan tuntunan sehingga tugas-tugas pemerintahan dapat berjalan dengan baik juga masyarakat diberikan kesehatan dan kerahayuan.

Baca Juga :  Karya IBTK 2024 Disineb, Dipuput Enam Sulinggih

”Ring pemargi sane anyar ring warsa 2022 (memasuki perjalanan tahun baru 2022), titian (saya) selaku bupati sareng pak wakil, pimpinan OPD, anggota forkopimda dan masyarakat ngelungsur pasiecan Ida Betara (memohon anugrah) agar selalu diberikan tuntunan, kekuatan dan keselamatan sehingga dapat melaksanakan swadarma (tugas dan kewajiban) masing-masing. Selain itu, masyarakat Jembrana senantiasa dapat hidup semakin sejahtera, bahagia, rukun dan,” pungkas suami dari Ny. Candra Tamba.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News