UNUD UNPAD
Benchmarking FISIP Universitas Udayana ke UNPAD Bandung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANDUNG – Pimpinan Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Udayana, yang langsung dipimpin oleh Dekan Fisip Unud, Dr. I Nengah Punia, bersama jajaran Koordinator Unit, Koordinator Tata Usaha dan staf melaksanakan kunjungan kerja pada Kamis (16/12/2021) ke Universitas Padjajaran (Unpad).

Kunjungan kerja ini diterima oleh Pimpinan Dekanat Fisip Unpad. Dekan Fisip Unud dalam sambutannya berterima kasih atas penerimaan Fisip Unpad dan dengan tangan terbuka bersiap atas realisasi rencana program bersama yang akan ditindaklanjuti dengan kunjungan dari Unpad.

Baca Juga :  Kembali Raih Medali, Mahasiswa TPB FTP Unud Kantongi Juara III Gubernur Cup Tahun 2022

Dalam kesempatan ini, Dekan Fisip Unud menyampaikan bahwa Fisip Unud masih perlu tuntunan dan berbagi pengalaman best practice dari Unpad. Diskusi terkait implementaai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) baik magang maupun pertukaran mahasiswa dilaksanakan dengan intens.

Ada beberapa kendala terkait implementasi program MBKM, yang merupakan program dari Kementerian, dimana mahasiswa acapkali melakukan pendaftaran program MBKM seperti contohnya MBKM Program Pejuang Muda terkadang mahasiswa mendaftar di program tersebut tanpa berkonsultasi dulu dengan Koprodi atau Dekanat.

Baca Juga :  Belmawa Gelar Uji Publik Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan

Menindaklanjuti temuan tersebut, menjadikan Dekanat dan Koprodi membuat kebijakan bahwa mahasiswa yang ingin mendaftar di program MBKM wajib berkonsultasi dan mendapat persetujuan dari Koprodi terkait konversi mata kuliah. Dalam diskusi tentang MBKM Unpad berhasil mengubah   tantangan menjadi peluang dimana salah satu contoh Program MBKM mahasiwa magang dapat mendukung 4 indikator utama kontrak kinerja Dekan dan Rektor.

Sebagai salah salah satu universitas berbadan hukum, Unpad merupakan satu-satunya yang memiliki Program Studi Doktor (S3) Hubungan Internasional.

“Jadi, kedepannya Fisip Unud sangat berharap adanya kerjasama tentang studi lanjut S3 bagi dosen di Fisip Unud ke Unpad. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Dekan Fisip ke Unpad beserta komitmen merealisasikan program bersama dalam rangka internasionalisasi program,” papar Dr. I Nengah Punia.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini