Udang
Wabup Ipat Bahas Pengelolaan Tambak Udang dengan Bupati Kebumen. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Kebumen, Jumat (26/11/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna diterima secara langsung oleh Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto di Ruang Pertemuan Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kebumen. Turut mendampingi Wabup, Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, I Made Dwi Maharimba, Kepala Bagian Humas dan Protokol Jembrana, I Made Cipta Wahyudi, serta beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.

Dihadapan Bupati H. Arif Sugiyanto berserta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen, Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna menyampaikan maksud dan tujuan hadir secara langsung ke Kabupaten Kebumen yaitu sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antar pemerintah daerah, khususnya Pemda Jembrana dengan Kebumen. Ditambahnya, kehadirannya juga guna mempelajari PAD dari sektor tambak udang di Kabupaten Kebumen khususnya potensi retribusi tambak udang.

“Dari hasil diskusi bersama tadi, kita sudah mendapatkan gambaran secara umum juga mendetail terkait regulasi terhadap retribusi tambak udang yang nantinya menjadi acuan kita di Jembrana dan kita sangat optimis sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD),” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Sambangi OPD, Pastikan Pelayanan Berjalan Dengan Baik

Terlepas dari itu semua, pada kesempatan yang baik tersebut, Wabup Ipat juga menyampaikan kekagumannya terhadap potensi yang ada di Kabupaten Kebumen.

“Banyak potensi yang dimiliki oleh Kebumen, sangat lengkap malahan, dari gunung, geopark, waduk, hasil laut berupa pengolahan garam, juga  nanfinya pengelolaan udang dalam sebuah kawasan modern bernama shrimp estate. Tentu itu semua harus betul-betul dioptimalkan pemanfaatannya sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Kebumen,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto seraya menyampaikan ucapan sselamat datang kepada Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna beserta jajaran, juga menyambut baik kunjungan kerja ini, sebagai ajang saling bertukar pandang terkait bagaimana cara untuk mensejahterakan masyarakat.

“Melalui momentum ini, ke depan saya ingin ada yang bisa disinergikan dari potensi yang ada di Kebumen dengan Jembrana kedepannya,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menuturkan Kebumen sangat potensial dikembangkan sebagai Kota Wisata. Disamping terdapat gunung, geopark, waduk, hasil dari kekayaan lautnya juga melimpah. Kebumen punya Kampung Garam, dan juga pengelolaan udang yang akan dibangun dalam sebuah kawasan modern bernama shrimp estate dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Shrimp estate ini nantinya menjadi yang pertama di Indonesia. Itu akan dibangun di wilayah selatan Kebumen dengan luas lahan 100 hektar dari KKP. Pembangunan akan dimulai awal tahun depan karena Kebumen salah satu penghasil udang terbaik,” terangnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News