Pura Taman Pule Ma
Sambut Hari Raya Kuningan, Ratusan Umat Padati Pura Taman Pule Mas di Gianyar. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Dalam rangka menyambut Hari Raya Suci Kuningan, ratusan Pemedek (Umat) yang datang dari berbagai wilayah di Bali nampak mulai memadati Pura Taman Pule Mas, Desa Mas, Gianyar, pada Sabtu (20/11/2021) pagi, untuk melaksanakan ritual persembahyangan.

Terlihat sebanyak hampir 300 umat mengikuti prosesi persembahyangan yang berlangsung di Pura tersebut, yang juga dilaksanakan dalam rangka prosesi Piodalan Pura Taman Pule Mas, Saniscara Kliwon Kuningan bertepatan pada Hari Suci Kuningan di Bali.

Salah satu Pecalang setempat mengatakan, pihak pengempon Pura telah menerapkan displin protokol kesehatan yang ketat, dan mengharuskan para umat yang berkunjung untuk wajib mengenakan masker serta mengatur alur dari persembahyangan guna meminimalisir terjadinya kerumunan di dalam lingkungan Pura.

“Kami dari desa adat, mengharuskan pemedek yang datang untuk selalu patuh terhadap prokes. Jika ada ditemukan yang tidak memakai masker, kami tidak ijinkan untuk memasuki areal Pura,” tegasnya.

Salah satu Pemedek asal Banjar Satria, Negara, Jembrana, Ketut Sukarmen mengtakan, dirinya bersama keluarga selalu mengunjungi Pura Taman Pule Mas ini setiap Hari Raya Kuningan. Namun, baru kali ini lagi bisa hadir langsung di Pura, setelah setahun sebelumnya sempat absen dikarenakan situasi Covid-19, dan saat ini merasa bersyukur bisa hadir langsung bersama keluarga untuk nangkil (bersembahyang).

“Ya biasanya tiap Kuningan selalu kesini. Walaupun 2020 kemarin sempat absen, astungkara hari ini bisa lagi nangkil bareng keluarga,” jelas Ketut Sukarmen. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini