Utsawa Dhama Gita
Putra Klungkung Raih Juara 1 Lomba Utsawa Dhama Gita Tingkat Nasional Tahun 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Dua putra Klungkung yakni Ida Bagus Pradnyana Mahardika (pembaca) dan I Kadek Yoga Aditya (pengatos) sebagai Juara 1 Utsawa Membaca Palawakya Pasangan Remaja Putra yang memperkuat kontingen Bali di ajang Utsawa Dhama Gita (UDG) XIV Tingkat Nasional Tahun 2021. Hal ini disampaikan saat bertemu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di ruang kerjanya, Senin (15/11/2021).

Seperti diketahui bersama, Utsawa Dhama Gita (UDG) XIV Tingkat Nasional Tahun 2021 Semi Virtual yang diselenggarakan di Jakarta tanggal 16-21 Oktober 2021 dan Bali meraih juara umum. Keberhasilan Bali sebagai Juara Umum Utsawa Dhamagita XIV Tingkat Nasional berkat raihan 15 piala dalam berbagai perlombaan salah satunya sumbangan dua pemuda asal Klungkung yang memperkuat bali di katagori Utsawa Membaca Palawakya Pasangan Remaja Putra.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan Banten di Banjar Mertasari, Desa Penatih Dangin Puri

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu, mengucapkan selamat atas capaian juara yang di peroleh sehingga bisa mengharumkan nama Klungkung dan Bali pada umunya ditingkat nasional.

“Selamat dan sukses teruslah berkarya untuk menjaga serta melestarikan seni palawakya di Klungkung dan di Bali,” ujar Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana. Pihaknya juga berharap, dari capian ini bisa memotivasi dan meningkatkan minat generasi muda untuk belajar palawakya dan bisa melatih anak-anak muda di bidang seni palawakya.

Baca Juga :  Lomba Baleganjur HUT Ke-420 Kota Singaraja Pukau Ribuan Penonton

Usai bertemu Bupati Suwirta, I Kadek Yoga Aditya mengaku bangga karena mampu harumkan nama Bali dan Klungkung di tingkat nasional. Dikatakan, kategori Palawakya diikuti peserta dari 32 dari seluruh Indonesia.

“Bali berhasil menjadi juara 1 di kategori ini. Saya bahagia karena yang menang duta Bali dari Kabupaten Klungkung,” tandas pemuda ini.

Baginya, perhatian masyarakat dan generasi muda untuk kegiatan dharmagita sangat minim. Ia berharap, capaian prestasi di tingkat nasional ini mampu memotivasi generasi muda belajar dharmagita.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News